Monday, 21 Syawwal 1440 / 24 June 2019

Monday, 21 Syawwal 1440 / 24 June 2019

Ide Berjualan Saat Car Free Day

Senin 28 Nov 2016 05:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Warga berolahraga saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran HI, Jakpus.

Warga berolahraga saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran HI, Jakpus.

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai jiwa pengusaha Anda pasti memanfaatkan berbagai acara dan kesempatan untuk mengembangkan usaha. Termasuk salah satunya acara car free day, hampir seluruh kota besar sudah menerapkan acara ini setiap minggunya. Dimana satu daerah akan dibebaskan dari lalu lintas kendaraan dan bersama-sama masyarakat melakukan olahraga dan berjalan bersama. Selain olahraga tentunya yang mudah ditemukan di acara car free day adalah pedagang. Lalu ide jualan apa yang bisa didapat untuk acara jalan seperti car free day.

Kuliner

Tentu saja dimanapun berada kuliner tidak akan bisa lepas dari minat masyarakat. Maka Anda bisa menjual kuliner dalam jenis yang sederhana seperti kue dan juga minum serta buah, hingga yang berat seperti bubur dan juga es khas Indonesia. Kuliner merupakan barang yang paling mudah dijual dan dijadikan ide yang sederhana untuk acara car free day. Anda juga tidak harus membawa-bawa tempat atau barang jualan dengan tempat yang besar dan rumit. Terutama setelah berolahraga dan berjalan jauh, perut lapar akan menjadi momen yang sangat tepat untuk berjualan kuliner.

Perabotan Rumah Tangga

Banyak keluarga yang pergi ke car free day anda bisa memanfaatkannya dengan berjualan perabotan rumah tangga. Dengan menggunakan mobil yang diparkirkan di pinggir jalan memudahkan berjualan. Apalagi harga yang diberikan cukup murah, akan banyak ibu rumah tangga atau wanita karier yang tidak sempat berbelanja ke pasar sehari-harinya. Maka acara car free day menjadi tempat yang pas untuk usaha perabotan rumah tangga. Walaupun sedikit aneh, nyatanya setiap car free day di beberapa kota usaha perabotan tidak akan luput dari peminat terutama ibu-ibu.

Mainan Anak

Karena acara car free day merupakan momen atau acara keluarga, tentu saja tidak hanya makanan dan perabotan saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk berjualan mainan anak. Diadakan saat akhir pekan menyebabkan acara car free day akan ramai dengan anak-anak baik dari bayi hingga anak sekolah. Tak ada salahnya mencoba usaha berjualan mainan anak. Selain usaha tersebut mudah karena jika masih sisa Anda tidak perlu membuangnya dan dapat disimpan, usaha mainan anak juga banyak diminati karena harganya yang umumnya lebih murah dibandingkan mainan di mal besar.

Sepatu dan Sendal

Car free day merupakan tempat berkumpul masyarakat dalam jumlah besar. Mereka bahkan tak jarang datang ke car free day karena ingin berbelanja dan berburu barang murah. Anda bisa usaha menjual sandal atau sepatu. Di mana banyak orang yang tidak sempat membeli ke toko karena kesibukan. Sepatu dan sendal yang murah tentu menjadi banyak incaran pengunjung car free day. Dengan harga yang lebih miring dari toko besar di mal.

Aksesoris Wanita

Wanita memang memiliki hasrat belanja dimanapun berada. Tak terkecuali acara seperti car free day, dimana orang datang bukan hanya untuk belanja saja melainkan untuk makan dan juga olahraga. Anda yang ingin usaha sederhana dan ingin menjual secara berkelanjutan setiap minggunya bisa memilih ide ini. Apalagi aksesoris wanita umumnya cukup murah, misalnya gelang yang hanya Rp 10 ribu atau cincin dari bahan biasa (bukan emas atau emas putih) dan hanya untuk aksesoris sekedar yang harganya bisa 20 ribu saja. Selain itu anda bisa menjual layaknya bandana, ikat rambut dan jenis aksesoris lainnya.

Alat Olahraga

Alat olahraga merupakan jenis usaha yang akan ramai oleh konsumen. Mengingat bahwa car free day merupakan pusat olahraga ketika akhir pekan. Beberapa orang memang sengaja mencari kelengkapan olahraga di car free day. Anda bisa menjual seperti bola, celana dan pakaian khusus olahraga, head band¸dan pendukung olahraga lainnya. Terutama di Jakarta bahkan sudah menjual layaknya alat pengukur detak jantung, handsfree dan alat teknologi canggih lainnya.

Acara yang diselenggarakan hanya di jalanan tidak harus menyurutkan minat dan ide usaha. Sehingga Anda harusnya bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih keuntungan dan membuka usaha.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA