Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Tips Atasi Stres karena Uang

Kamis 24 Nov 2016 05:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Mengatur keuangan dan pola pikir sangat penting bagi kehidupan.

Mengatur keuangan dan pola pikir sangat penting bagi kehidupan.

Foto: pexels

REPUBLIKA.CO.ID, Keuangan memang sering membuat kepala pusing dan juga beban pikiran. Selain karena sulitnya mencari uang,  mengatur uang agar tidak salah pemakaian atau boros juga bisa menjadi salah satu tekanan. Untuk itu, tak jarang Anda mungkin merasa stres karena urusan uang.

Walaupun terkadang semua hal penyebabnya karena kesalahan sendiri, tetapi Anda juga akan sulit keluar dari lingkaran setan alias utang. Mungkin beberapa tips berikut bisa membantu anda dalam menghilangkan stres karena uang.

Disiplin

Mencoba untuk disiplin memang sangat sulit. Apalagi Anda yang mudah tergoda untuk menghabiskan uang, atau membelikan benda yang hitungannya tidak penting. Namun, percaya disiplin dalam mengelola uang dan bijaksana, uang tidak akan menjadi sesuatu yang harus membuat stres. Pengelolaan yang matang dan simpanan yang cukup akan membuat segala urusan menjadi aman.

Investasi

Investasi merupakan cara selanjutnya untuk membantu menghilangkan rasa stres karena urusan uang. Investasi sama saja dengan tabungan ketika tidak memiliki uang atau benda berharga lainnya. Dengan investasi juga Anda tidak perlu khawatir jika sedang dalam krisis keuangan, atau harus mencari susah payah untuk hal yang mepet kebutuhannya. Silakan sering-sering berinvestasi ketika sedang ada uang berlebih.

Pengelolaan Tepat

Terkadang pusing akibat kekurangan uang dibuat oleh kesalahan sendiri. Terlalu boros dan juga tidak bisa mengatur dengan baik akan menjadi bibit stres karena uang. Sebaiknya mulai melakukan pengelolaan tepat pada keuangan. Ketika gaji atau pendapatan didapatkan, bayarkan terlebih dahulu utang, cicilan dan sejenisnya. Hal yang disebutkan itu termasuk penting atau vital.

Setelah itu pisahkan uang kebutuhan seperti makan, biaya transportasi kuliah atau kerja, kebutuhan lain misalnya seperti susu anak. Setelah itu sisanya baru gunakan untuk menikmati gaya hidup. Jangan mengambil uang sembarangan dengan menggampangkan cicilan atau kebutuhan. Jika sudah mendesak maka hal tersebut bisa jadi penyebab utama stres.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA