Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Cara Aman Berkartu Kredit Selama Liburan

Senin 21 Nov 2016 13:25 WIB

Red: Indira Rezkisari

Kartu Kredir

Kartu Kredir

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, kegiatan traveling makin menyenangkan dan mudah dengan adanya kartu kredit. Sistem pembayaran dengan kartu kredit memberikan solusi yang praktis ditambah dengan berbagai adanya promo yang menarik tentu membawa manfaat bagi wisatawan. Kartu kredit dapat digunakan untuk memesan tiket, akomodasi, maupun berbelanja.

Namun perlu diingat bahwa menggunakan kartu kredit harus disertai dengan langkah-langkah yang tepat agar dapat memastikan penggunaan kartu kredit benar-benar aman. Simak beberapa panduan aman menggunakan kartu kredit sebagai berikut.

Sebelum perjalanan

- Pilih kartu yang dapat digunakan di negara yang dikunjungi. Artinya bila Anda pergi ke luar negeri, maka teliti dulu apakah kartu kredit tersebut dapat digunakan di negara tujuan tersebut. Umumnya kartu kredit Visa dan MasterCard dapat diterima secara umum di berbagai negara. Setelah menentukan rencana perjalanan, hubungi pihak bank untuk menginformasikan negara tujuan Anda agar transaksi Anda di luar negeri diblokir karena berasal dari tempat yang tidak biasa.

- Carilah informasi mengenai biaya transaksi, karena setiap bank mempunyai peraturan yang berbeda untuk setiap negara. Bandingkan dengan cermat sehingga mengetahui biaya yang terendah dan Anda dapat mengutamakan untuk menggunakan kartu tersebut saat bertransaksi.

- Konfirmasikan dengan pihak bank untuk mengirimkan notifikasi transaksi Anda. Notifikasi ini dapat dikirimkan melalui email setiap ada transaksi, sehingga amat memudahkan Anda dalam mengecek tagihan tersebut. Bila bepergian keluar negeri, jangan lupa siapkan pula kartu atau paket data untuk gawai Anda agar dapat mengakses email dengan mudah. Bila ada notifikasi atas transaksi yang tidak Anda lakukan, maka dapat segera menginformasikan pada layanan pengguna dari bank tersebut.

- Periksalah limit kredit dan tanggal kedaluwarsa untuk memastikan bahwa kartu kredit Anda selalu dapat digunakan dan menghindari batalnya suatu transaksi. Catat pula nomor darurat kartu kredit yang dapat dihubungi apabila terjadi kondisi darurat.

- Bawalah beberapa kartu kredit cadangan. Bila Anda bepergian bersama keluarga atau pasangan, bawalah kartu kredit dar penerbit yang berbeda. Cara ini digunakan untuk mengantisipasi bila salah satu kartu kredit tidak dapat dipakai atau hilang.

- Siapkan mata uang negara tujuan bila Anda bepergian keluar negeri. Meskipun kartu kredit cukup banyak diterima di berbagai merchant, namun tentu saja ada pengeluaran yang memerlukan pembayaran dengan uang tunai. Siapkan sejak dini agar Anda tidak kebingungan mencari money changer ketika tiba di tempat tujuan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA