Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Cara Menabung Dana untuk Berkurban Idul Adha

Selasa 30 Agu 2016 15:28 WIB

Red: Indira Rezkisari

Warga berusaha menjatuhkan sapi untuk disembelih dalam rangka berkurban di perkampungan betawi, Jakarta Selatan.

Warga berusaha menjatuhkan sapi untuk disembelih dalam rangka berkurban di perkampungan betawi, Jakarta Selatan.

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Sebagaimana umat Islam lainnya, Anda tentu ingin berkurban di hari yang istimewa tersebut.

Masalahnya, seekor kambing kurban kini harganya sudah sekitar Rp 2 juta, sedangkan untuk kurban seekor sapi akan membutuhkan dana dari belasan hingga puluhan juta per ekornya. Ini tentu menjadi sebuah jumlah yang terbilang sangat besar, terutama bagi mereka yang hanya memiliki penghasilan pas-pasan.

Akan sangat baik jika mempersiapkan sejumlah dana tabungan khusus untuk kurban sejak jauh-jauh hari, misalnya selama setahun penuh. Sehingga jumlahnya terasa ringan bagi kantong. Sebelum mulai menabung, maka ada baiknya mengetahui dengan jelas mengenai hewan kurban apa yang kira-kira tepat dan ketahui perkiraan harga seekor kurban di tahun yang akan datang, sehingga Anda bisa mempersiapkan sejumlah dana kurban tersebut dengan matang.

Setidaknya Anda memiliki dua pilihan kurban dengan contoh perhitungan biaya seperti di bawah ini.

Kurban (secara mandiri)

Jika berniat untuk berkurban kambing secara pribadi, maka Anda harus menghitung seberapa besar kemampuan dan berapa kira-kira harga seekor kambing yang akan Anda kurbankan di tahun yang akan datang. Harga ini tentu bisa diperkirakan dari harga pasaran tahun sekarang, ditambah perkiraan kenaikan harga 10 perse untuk tahun yang akan datang.

Contoh, jika saat ini harga seekor kambing kurban adalah Rp 2,2 juta di pasaran, maka perkiraan dana kurban yang harus dimiliki untuk tahun depan adalah Rp 2,42 juta (harga tahun ini + kenaikan 10 persen). Saat akan berkurban di tahun depan, maka Anda harus memiliki dana sebesar Rp 2,42 juta tersebut.

Kurban (secara kolektif)

Dalam hal ini Anda akan berkurban secara kolektif bersama teman atau keluarga, di mana sejumlah dana yang dibutuhkan akan dibagi bersama. Ini biasanya banyak dipilih jika berkurban seekor sapi yang harganya bisa mencapai belasan juta.

Contoh, jika saat ini harga seekor sapi kurban adalah Rp 15 juta, maka perkiraan harga sapi yang di tahun depan adalah sebesar Rp 16,5 juta (harga tahun ini + kenaikan 10 persen). Sejumlah harga tersebut bisa dibagi untuk beberapa orang yang akan melakukan kurban secara kolektif, sehingga masing-masing orang termasuk Anda bisa mempersiapkan sejumlah dana yang terbilang ringan dan terjangkau.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA