Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Catat, 7 Keterampilan Penting Sebelum Mulai Usaha

Kamis 19 May 2016 12:01 WIB

Red: Indira Rezkisari

Wanita berbisnis jahit

Wanita berbisnis jahit

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Memulai sebuah usaha bagi orang awam memerlukan perhitungan yang cermat, baik dari segi modal usaha yang dibutuhkan hingga produk yang akan dijual. Tapi, bisnis tidak selalu bicara mengenai uang dan barang, terkadang ada faktor x yang akan membantu kita dalam menjalankan sebuah bisnis. Apa itu? Yaitu keterampilan.

Pertanyaannya, keterampilan apa yang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis? Setidaknya ada 6 keterampilan yang mesti dimiliki dalam memulai usaha.

Keterampilan Menjembatani

Maksudnya adalah bila seseorang belum mengetahui harus memulai usaha dari mana, maka bisa mendapatkan informasi dari teman atau orang yang dikenal yang sudah sukses menjalankan usahanya. Tentu caranya bukan sekadar menanyakan kiat-kiat suksesnya dalam berusaha, namun harus mampu membuat pendekatan secara kekeluargaan.

Misalnya menggunakan kata-kata yang bersifat membangun yang disisipkan dalam pertanyaan yang ditanyakan. Sebagai contoh “kalau begitu kamu harus”, “karena itu”, dan masih banyak lagi. Dengan kata-kata tersebut dapat membantu mendapatkan informasi namun secara tidak langsung, sehingga tidak terkesan menginterogasi.

Keterampilan Membangkitkan Semangat

Keterampilan ini memang sedikit jarang digunakan orang dalam mendapatkan informasi. Ini  dikarenakan hubungan yang sudah terjadi seperti hubungan teman, saudara, dan sebagainya dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Namun bila orang yang ingin didapatkan informasi ternyata tidak ada hubungan teman, tentu akan mengalami kesulitan. Nah keterampilan dalam menggunakan kata-kata seperti “ iya saya mengerti”, atau ‘oh iya’ dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan kata-kata tersebut orang yang diajak berkomunikasi akan termotivasi untuk memberikan informasi yang ditanyakan, karena merasa mendapatkan empati dari yang menggunakan kata-kata tersebut.

Keterampilan Berkomunikasi

Keterampilan ini memang semua orang tentu dapat melakukannya, namun komunikasi yang seperti apa yang dimaksudkan, tentunya interaksi yang baik yang sifatnya dapat mengayomi serta bersahabat. Sehingga orang yang diajak berkomunikasi pun akan merasa nyaman.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA