Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Ini Cara Agar Anda Tetap Gigih dan Tidak Menyerah

Rabu 29 Apr 2015 09:01 WIB

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari

Pertahankan semangat dan kegigihan dengan sikap positif dan bahagia.

Pertahankan semangat dan kegigihan dengan sikap positif dan bahagia.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya dan mereka selalu berharap agar dapat mencapai tujuannya tersebut. Namun dalam prosesnya, terkadang kita kerap menemui hambatan yang melemahkan semangat. Sebelum semangat benar-benar luntur, berikut beberapa alasan Anda untuk tetap gigih dan tidak menyerah, dilansir Allwomenstalk, Rabu (29/4).

Meraih kemenangan di akhir
Ungkapan “slow and steady wins the race” nampaknya benar-benar terbukti jika Anda gigih memperjuangkan keinginan Anda. Pasalnya kesuksesan memang membutuhkan waktu dan gigih merupakan salah satu cara yang akan mengantarkan Anda meraih kemenangan di akhir.

Buat jaminan
Berikut adalah kisah nyata. Ketika seseorang tiga kali gagal dalam ujian mengemudi karena merasa gugup, ia pun hampir menyerah untuk mencoba yang keempat kalinya. Namun ia berpikir, jika tidak mengikuti tes, maka ia tidak akan pernah mencapainya. Karena jaminan yang ia buat itu, ia berhasil melewati ujian yang keempat.

Pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman itu ialah Anda harus terus mencoba untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Sebab jika tidak mencoba, pasti Anda tidak akan mendapatkannya.

Tekad menentukan kesuksesan
Jika Anda bertekad untuk mencapai sesuatu, Anda dapat mencapai tujuan tersebut dengan bermodalkan tekad. Beberapa orang sukses pun bisa berhasil karena mereka bertekad untuk berhasil dan terus berusaha sampai keinginannya tercapai.  Kuncinya ialah pantang menyerah.

Buktikan bahwa penilaian orang lain salah
Terkadang penilaian orang lain yang meragukan bahwa Anda dapat mencapai impian justru berdampak negatif pada pengembangan diri Anda. Salah satu cara mengatasi hal itu yakni membuktikan apa yang mereka nilai salah. Tunjukkan bahwa Anda memang memiliki potensi untuk sukses dan orang yang menilai negatif Anda akan menarik kata-katanya.

Buat tujuan yang mampu dicapai
Coba renungkan apakah kesulitan Anda dalam mencapai tujuan karena target yang Anda buat terlalu luas atau malah melebihi kapasitas kemampuan Anda? Jika iya, sebaiknya Anda mulai memecah target tersebut menjadi lebih kecil sehingga lebih terasa mudah dicapai.

Belajar dari kesalahan
Bahkan ketika Anda tidak berhasil, masih ada hal positif yang didapat. Kesalahan adalah alat belajar yang baik yang membantu kita untuk berbuat lebih baik berikutnya. Jadi jika Anda bersalah,  Anda dapat menggunakan pengalaman Anda telah mendapatkan untuk memperbaiki usaha Anda sebelumnya.

Siklus negatif
Terkadang, apa yang Anda butuhkan adalah untuk keluar dari siklus negatif, di mana Anda telah meyakinkan diri sendiri bahwa Anda pasti akan gagal. Hal tersebut membantu Anda mengubah cara berpikir menjadi lebih positif, yang akan membantu Anda sukses. Dan melakukanyan dengan baik justru akan memperkuat cara berpikir baru yang akan membantu Anda di masa depan.  

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA