Kamis, 20 Sya'ban 1440 / 25 April 2019

Kamis, 20 Sya'ban 1440 / 25 April 2019

Batam dan Papua Kerja Sama Kembangkan Pariwisata Nasional

Sabtu 22 Jul 2017 03:21 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Wisatawan memotret kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat.  (Republika/Yasin Habibi)

Wisatawan memotret kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Pemerintah Kota Batam membuka diri untuk bekerja sama dengan Provinsi Papua Barat guna perkembangan sektor pariwisata nasional. Staf ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Kota Batam Abidun Pasaribu pada kunjungan wartawan Papua Barat di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (21/7) mengatakan pembangunan Pulau Batam semula diprioritaskan pada sektor industri, perdagangan, jasa dan pariwisata.

Seiring perkembangan daerah, pariwisata justru lebih berkembang dan memberi sumbangsih cukup signifikan bagi pendapatan asli daerah. "Kami belum pernah ke Papua Barat, tapi dari informasi media massa Papua Barat ternyata punya potensi luar biasa. Di sana punya Raja Ampat yang sudah sangat terkenal. Mudah-mudahan kami punya kesempatan untuk berkunjung ke sana," kata Abidun.

Dia menjelaskan Batam secara geografis berada di wilayah yang cukup strategis. Daerah tersebut saat ini menjadi pintu masuk barang dan wisatawan mancanegara. "Kami berdekatan dengan Singapura, Vietnam, dan Malaysia. Ini peluang dan selama ini berhasil kita manfaatkan secara baik," katanya.

Pemerintah Batam, kata dia terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Pihaknya pun telah menyiapkam even tahunan demi meningkatkan daya tarik. "Kami namakan Kenduri Seni Melayu. Kami ingin memunculkan beragam seni dan budaya lokal," sebutnya.

Menurut dia, Papua Barat bisa memanfaatkan even tersebut untuk mempromosikan budaya dan seluruh destinasi pariwisata. Dia mengemukakan even tersebut selama ini dimeriahkan oleh penampilan budaya dan seni masyarakat Jawa, Sumatera dan beberapa daerah lain.

"Papua Barat kenapa tidak, kami akan sambut dengan senang hati. Silakan perkenalkan kekayaan budaya, seni dan pariwisata Papua Barat di Batam. Biarkan dunia mengenal Papua lebih jauh," sebutnya. Ia meyakini Papua Barat punya banyak keunikan yang bisa menjadi daya tarik wisatawan asing.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA