Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Yuk, Saksikan Festival Layang-Layang di Pantai

Ahad 02 Jul 2017 13:51 WIB

Red: Gita Amanda

Festival layang-layang (Ilustrasi)

Festival layang-layang (Ilustrasi)

Foto: TheSun

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOREJO - Kabupaten Purworejo l, Jawa Tengah punya tradisi unik dalam merayakan #MudikPenuhPesona. Seperti di Bali, obyek wisata Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi juga memiliki festival layang-layang yang diselengarakan 8-9 Juli 2017. Festival diikuti 40 grup layang-layang dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatera.

“Festival layang-layang di Purworejo merupakan event nasional yang diselengarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, event ini juga sebagai salah satu hiburan #MudikPenuhPesona dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah serta promosi wisata andalan Purworejo,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti yang didampingi Kabid Promosi Wisata Budaya Wawan Gunawan di Jakarta, Sabtu (1/7).

Esthy mengatakan, kegiatan festival layang-layang telah digelar di obyek wisata Pantai Jatimalang untuk yang kelima kalinya. Festival layang-layang ini terbukti efektif mempromosikan obyek wisata andalan Kabupaten Purworejo ini.

“Ini sebagai bentuk promosi bagi daerah setempat, sehingga masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, akan tahu adanya obyek wisata andalan Jatimalang, sekaligus meramaikan kegiatan di lokasi wisata," katanya.

Sementara itu, Wawan Gunawan menambahkan, selain sebagai promosi wisata, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengunjung wisata yang berimbas pada meningkatnya APBD. Acara menurut Wawan juga dapat meningkatkan pendapatan warga.

“Event ini bisa menggerakan ekonomi masyarakat setempat secara langsung, terlebih libur lebaran yang panjang membuat masyarakat masih ada yang menghabiskan waktu untuk pergi ke objek wisata bersama keluarga. Dan ini sangat efektif serta momentnya tepat,” ujar Wawan.

Wawan juga menjelaskan, festival layang-layang kali ini akan menampilkan berbagai jenis kategori layang-layang yang ditampilkan, yaitu kategori dua dimensi, kategori tiga dimensi, tradisional dan tren naga.

Wawan mengatakan sudah ada 40 grup yang ikut menjadi  peserta eksebisi atau festival layang-layang dari berbagai daerah di Jawa, seperti diantaranya dari Yogyakarta ada gayar, bascom, dadali, genosida, pedal, maturahara, pasgud, pataslanta, gojek dan nggender. "Mereka menghias layang-layang dengan ciri khas group mereka sendiri," kata Wawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik penyelengaraan festival layang-layang di Pantai Jatimalang, Purworejo. Mantan Dirut PT Telkom itu berharap festival ini bisa meramaikan obyek wisata di Purworejo.

“Silakan datang ke objek wisata selama libur Lebaran, manfaatkan momen liburan bersama keluarga, jangan lupa foto, capture, record dan rekam momen liburan lalu upload di sosial media. Selamat berlibur, selamat menikmati atraksi di berbagai daerah, salam Pesona Indonesia,” ujar Arief.

Sumber : Kemenpar
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA