Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Kebahagiaan Orang Tua Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Selasa 20 Nov 2018 06:16 WIB

Red: Didi Purwadi

Kebersamaan dengan anak ceria senang tertawa bersama keceriaan ibu bahagia (ilustrasi)

Kebersamaan dengan anak ceria senang tertawa bersama keceriaan ibu bahagia (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Orang tua bahagia akan menghasilkan anak yang memiliki ketahanan terhadap stres.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Psikolog Elizabeth Santosa mengingatkan bahwa tumbuh kembang secara maksimal seorang anak sangat dipengaruhi oleh kebahagiaan orang tua. Karena, anak memiliki ikatan yang sangat dekat dengan orang tuanya.

''Orang tua yang bahagia, akan berpengaruh besar dalam tumbuh kembang anak. Itu yang masih belum disadari orang tua khususnya di Indonesia,'' kata Lizi, sapaan akrab Elizabeth Santosa, seperti dikutip dari Antara.

Karena ikatan yang dekat tersebut, anak bisa merasakannya ketika ibu dan bapaknya sedang tidak bahagia sebagai dampak dari berbagai persoalan. Dan, hal tersebut akan berdampak pada pertumbuhan hidupnya.

''Orang tua yang bahagia, akan menghasilkan anak yang memiliki ketahanan terhadap stres dan tantangan hidup di masa depan,'' katanya.

Dia mengungkapkan, anak-anak akan merasa bahagia dan menjadi kenangan baik dan kekuatan bagi dirinya saat orang tua benar-benar hadir untuknya. Orang tua yang benar-benar hadir untuk anaknya antara lain dengan melakukan aktivitas bersama tanpa distraksi serta melakukan eye-to-eye contact saat bersama anak.

''Membuat anak merasa dirinya paling penting bagi orang tua, akan menimbulkan banyak hal positif dalam perkembangan anak seperti percaya diri dan hidup bahagia,'' katanya. Selain kebahagiaan, anak juga butuh nutrisi untuk tumbuh kembang dengan baik.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB