Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Cara Hentikan Kebiasaan Anak Mengisap Ibu Jari

Jumat 09 Nov 2018 17:12 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Jaga kesehatan gigi anak dengan menghindari kebiasaan mengisap jari.

Jaga kesehatan gigi anak dengan menghindari kebiasaan mengisap jari.

Foto: PxHere
Pengingat seperti plester di ibu jari bisa jadi salah satu trik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan mengisap ibu jari pada anak kecil. Kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi permanen bengkok dan langit-langit mulut cacat.

Dokter gigi anak di 32 Reasons, Reshma Shah, memberikan beberapa saran bagi orang tua untuk mencegah kebiasaan mengisap ibu jari pada anak. Pertama, Shah mengungkapkan pencegahan terbaik untuk bayi baru lahir adalah menggunakan empeng atau dot bayi. Meskipun penggunaan empeng yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah yang sama, tapi setidaknya kebiasaaan ini tidak melekat dan dapat dihentikan.

Kedua, anak-anak harus dibantu untuk melepaskan kebiasaan tersebut sebelum mereka masuk sekolah. Ketiga, waktu pengobatan sangat penting.

"Anak Anda harus rela melepaskan ibu jari (secara sukarela). Tekanan yang anda terapkan untuk berhenti hanya membuat kebiasaan ini menjadi resisten dan kurangnya kerja sama antar ibu dan anak. Coba lagi nanti (ketika anak tidak mau)" ujar Shah, seperti yang dilansir dari Times of India, Jumat (9/11).

Keempat, beri perhatian dan pengertian pada anak serta cegah kebiasaan itu dengan lembut. Pengingat seperti plester luka pada ibu jari dapat membantu.

Kelima, berikan pujian ketika anak berhasil menghentikan kebiasaannya. Bisa juga dalam bentuk pemberian bintang, membacakan cerita dongeng tambahan, dan lain-lain.

Setelah anak berhasil mengurangi kebiasaannya pada siang hari, bantu anak menghentikan isapan saat tidur. Sarung tangan dapat menghentikan kebiasaan itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES