Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Lagu Pengantar Tidur Bantu Bangun Kedekatan Ortu dan Anak

Rabu 23 May 2018 00:05 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Bayi tidur  (ilustrasi)

Bayi tidur (ilustrasi)

Foto: Antara
Tidak ada lagu pengantar tidur yang sempura, yang terpenting adalah momen kedekatan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lagu pengantar tidur ternyata bisa menjadi sarana menyampaikan cinta, bahasa, dan impian masa depan. Lagu pengantar tidur juga membantu bayi agar lebih cepat tertidur.

Para ahli mengungkapkan bernyanyi bisa menenangkan bayi dan orang tua. Selain itu menciptakan ritual tidur untuk menandai transisi dari kegiatan sehari-hari.

Pendidik musik, Anita Collins, mengungkapkan bayi dilahirkan dengan penglihatan yang relatif belum berkembang. Namun, bayi memiliki pendengaran yang sempurna.

Proses pendengaran atau indera pendengaran bayi, kata Collins, sebenarnya paling penting dimiliki selama dua tahun pertama kehidupan mereka. "Perasaan yang mengumpulkan informasi paling banyak tentang dunia mereka," ujar Collins, seperti yang dikutiip dari Channel News Asia.

Selanjutnya, ia mengatakan tidak ada lagu pengantar tidur yang sempurna. Yang terpenting adalah momen kedekatan seperti memegang anak, menatap wajah, mengayunkannya dalam gendongan, sehingga anak merasakan ritme dan gerakan.

Para peneliti telah melihat cara-cara bayi menanggapi nyanyian ibunya. Namun dalam penelitian dibuktikan bayi lebih cepat tidur jika mereka dinyanyikan dibanding ditinggalkan di boks bayi.

"Ini tentang memiliki hubungan yang mereka rasakan ketika seseorang bernyanyi untuk mereka," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Brimob Peringati HUT Ke-73

Rabu , 14 Nov 2018, 20:22 WIB