Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Ortu Lansia Lebih Baik Diajak Tinggal Serumah

Rabu 16 May 2018 21:10 WIB

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi Lansia

Ilustrasi Lansia

Foto: pixabay
Anak diajak mengubah budaya menempatkan orang tua di rumah jompo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua yang sudah menginjak fase lanjut usia (lansia) sebaiknya tetap diajak tinggal tinggal serumah supaya anak bisa memperhatikan dan mengurusnya lebih baik. Imbauan itu diungkapkan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) saat temu media Hari Lanjut Usia Nasional 2018, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Pergemi Prof Siti Setiati mengatakan, bahkan sebisa mungkin tiga generasi yaitu orang tua, anak, dan cucu dalam satu rumah. Kalau memungkinkan, kata dia, rumah dalam ukuran besar. "Kita mempertahankan ortu di rumah bersama cucunya supaya ada yang mengurus. Ini yang harus dijaga," kata dia.

Jadi, kata dia, si anak bisa menjadi pengasuh. Kalau ia sibuk kerja, sang anak bisa menyewa jasa pengasuh (caregiver). "Tetapi pengasuh ini harus tetap diajari dan ada dalam pengawasan kita (anak)," katanya.

Sementara itu Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menekankan pentingnya merawat orang tua, khususnya yang sudah masuk fase lanjut usia. Menurutnya anak juga harus mengubah budaya menempatkan orang tua di rumah jompo. "Barangkali selain perubahan budaya juga ada budi pekerti," katanya.

Dengan tetap berada di rumah orang tua kemungkinan besar akan merasa lebih bahagia.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB