Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Ini Panduan Jadwal Makan Ibu Hamil

Jumat 18 Desember 2015 03:00 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri

Hamil

Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah Anda dinyatakan hamil, Anda mungkin beranggapan bisa makan apapun dan kapanpun diinginkan sebab harus memberi asupan nutrisi bagi tubuh sendiri dan janin.

Namun, apa yang Anda makan dapat memengaruhi bayi yang belum lahir. Semua makanan yang Anda makan sebaiknya sehat, seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan sedikit lemak sehat juga minyak, seperti minyak zaitun.

Berikut adalah panduan jadwal makan bagi ibu hamil, dilansir dari Livestrong, Kamis (17/12).

Trimester pertama

Selama trimester pertama kehamilan atau tiga bulan awal, Anda mungkin perlu menyiapkan makanan kecil setiap hari untuk memerangi mual yang sering datang. Sebagai contoh, Anda bisa makan enam porsi kecil per hari, bukannya makan besar tiga kali sehari seperti yang biasa Anda lakukan sebelum hamil. Jika Anda menderita morning sickness, makanlah di tempat tidur dengan posisi yang membuat Anda nyaman.

Selama tiga bulan pertama ini, Anda mungkin lebih suka makan makanan hambar yang tidak berbau terlampau kuat karena bisa memperburuk morning sickness. Cobalah menghindari minum banyak 30 menit sebelum dan sesudah makan, menurut American Pregnancy Association.

Trimester kedua

Saat janin berusia 4-6 bulan, Anda mungkin mulai menderita sakit maag, sehingga jadwal makan dan jam tidur cukup jauh terpisah. Anda setidaknya baru boleh tidur dua hingga tiga jam setelah makan untuk memastikan makanan Anda dicerna cukup baik oleh tubuh.

Makan kudapan kecil disiang hari. Misalnya, makan setengah porsi dari makan siang dan makan malam Anda. Nikmati juga makanan ringan pada waktu antara sarapan dan makan siang. Pada periode ini, Anda akan semakin suka makan dan kembali ke porsi seperti sebelum hamil, tiga kali makan besar sehari.

Trimester ketiga

Selama trimester ketiga, bayi Anda mungkin semakin aktif mendorong dari dalam perut. Hal ini membuat Anda kurang nyaman untuk makan besar tiga kali sehari. Cara menyikapinya adalah kembali lagi ke pola makan seperti trimester pertama, yaitu enam kali dengan porsi kecil dalam sehari.

Kondisi khusus

Jika Anda sebelumnya sedang menderita kondisi medis khusus saat hamil, berkonsultasilah dengan dokter. Wanita dengan diabetes gestasional harus menyusun jadwal makannya berbarengan dengan jadwal suntik insulinnya. Wanita ini juga tak boleh terlalu lapar sebab bisa menurunkan kadar gula darah dengan drastis.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES