Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Agar Terus Dekat dengan Anak, Ini Dia Kiatnya

Rabu 22 Aug 2012 13:29 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Endah Hapsari

Sayang anak/ilustrasi

Sayang anak/ilustrasi

Foto: chatterchimp.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk terus dekat dengan anak, terutama untuk ibu yang bekerja, boleh dibilang bukan hal mudah. Namun, tak berarti juga kita lantas putus asa. Asalkan bertekad kuat, niscaya kedekatan dengan sang buah hati dapat terus terjalin. Berikut sejumlah kiatnya:

Pilih pekerjaan

Bagi para orang tua yang bekerja, sang ibu terutama, usahakan mencari pekerjaan yang tidak memakan banyak waktu diluar. Banyaknya waktu diluar membuat kita tidak bisa mengontrol bagaiman perkembangan buah hati. Ketika dia sedang terlibat masalah, kesedihan, sehingga memerlukan sosok yang dianggapnya aman dan bisa dipercaya, jangan sampai kehilangan masa-masa tersebut. Usahakan selalu bisa dekat dengan anak.

Manfaatkan masa libur

Ketika ada waktu libur panjang, manfaatkan untuk berlibur dan mengakrabkan diri dengan keluarga. Ciptakan suasana yang senang dan membuat anak melupakan kejadian yang tidak baik. Keadaan ini juga bisa mendekatkan hubungan ibu dan ayah, sehingga terjadi keharmonisan dalam keluarga.

Waktu berkualitas

Usahakan untuk selalu 'hadir' di tengah-tengah anak. Kalaupun Anda termasuk orang yang sibuk, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Misalnya, Anda hanya punya waktu senggang selama 30 menit dalam sehari untuk berada di rumah. Hal ini tidak menjadi masalah jika bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Ajaklah anak bermain, menanyakan aktivitasnya di sekolah, bagaimana perasaannya hari ini, dan lain sebagainya. Waktu yang sedikit selama 30 menit untuk berinteraksi dengan anak lebih berarti daripada seharian di rumah tapi tidak memperhatikan buah hati.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA