Sabtu 09 Apr 2011 14:18 WIB

32 Siswa Kelas Cerdas Berlomba Hadapi UN

Ujian Nasional
Foto: ISTOCK PHOTO
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 32 siswa kelas cerdas istimewa yang masih duduk di kelas XI atau setara kelas dua Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Pontianak akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 18-21 April mendatang. Kepala SMAN 3 Kota Pontianak Herny Yamashita di Pontianak, Sabtu, mengatakan bahwa pelaksanaan UN kali ini tahun pertama bagi SMA nya khususnya bagi siswa kelas cerdas istimewa (CI) yang duduk di kelas XI. "Mereka jauh hari sudan siap mengikuti UN tahun ini," kata Herny.

Ia menjelaskan, diikutsertakannya siswa kelas XI ini berdasarkan program akselerasi, percepatan belajar atau terakhir istilah ini dikenal siswa CI. "Program CI bagi siswa yang pintar sebagai bentuk alternatif pelayanan pendidikan bagi siswa berbakat yang selama ini kurang mendapatkan perhatian," ujarnya.

Program akselerasi melalui strategi pembelajaran yang terfokus bagaimana seharusnya belajar, lalu strategi penekanan pada perkembangan kemampuan intelektual tinggi, kepekaan (sensitife) terhadap kemajuan belajar dari tingkat konseptual rendah, hingga intelektual tinggi. Melalui program itu, siswa yang berbakat akan mendapatkan layanan pendidikan sesuai irama kecepatan belajarnya.

Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Pontianak menyatakan, siswa CI maupun siswa reguler sudah siap mengikuti UN, terutama dari sisi akademik maupun mental mereka. "Kami sudah meminta mereka agar tenang dalam menghadapi UN dan tidak lupa agar selalu berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa," kata Herny.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak Mulyadi menyatakan siap melaksanakan UN tahun ajaran 2010/2011 untuk tingkat SMA/sederajat di kota itu. "Kami sudah siap seratus persen melaksanakan UN tingkat SMA/sederajat.

Persiapan itu beruapa pembekalan terhadap peserta UN, ujian persiapan yang hasilnya cukup memuaskan," katanya. Ia menjelaskan, saat ini pihak sekolah tidak melaksanakan ujian persiapan.

Mereka tinggal melakukan pembekalan terhadap peserta UN. "Petugas di lapangan terus memantapkan pembahasan terkait pelajaran yang masuk dalam UN, diantaranya pembelajaran soal-soal ujian," jelas Mulyadi.

Disamping pembelajaran soal-soal yang akan di UN kan. Sekolah juga diharapkan menambah jam belajar siswa bagi kelas XII, penambahan itu selain untuk lebih memantapkan persiapan siswa juga guna mengurangi aktivitas mereka di luar sekolah dan rumah.

Data Diknas Kota Pontianak, mencatat peserta UN tingkat SMA/sederajat 2010/2011 sebanyak 8.786 siswa, terdiri dari SMA/MA 5.534 orang, dan SMK 3.252 orang, jadwal ujian SMA/sederajat, yakni ujian utama pada 18-21 April, ujian susulan 25-28 April, dan pengumuman kelulusan UN 16 Mei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement