Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Enam Sarapan Alternatif Tinggi Protein

Selasa 22 Jan 2019 05:01 WIB

Red: Indira Rezkisari

Smoothies berisi yogurt, oatmeal, buah, dan sayur bisa jadi pilihan sarapan sehat.

Smoothies berisi yogurt, oatmeal, buah, dan sayur bisa jadi pilihan sarapan sehat.

Foto: Pixabay/StockSnap
Oatmeal bisa jadi pilihan bahan sarapan dalam berbagai wujud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menu apa yang biasa tersaji untuk sarapan di rumah? Tren makan sehat kini membuat banyak orang menyukai sarapan kaya protein. Alasannya, mereka mencari rasa kenyang dari protein agar terhindar dari karbohidrat berlebihan di pagi hari.

Namun, banyak orang merasa kesulitan dengan sarapan kaya protein yang dipandang rumit diracik. Dilansir dari The Kitchn, berikut enam resep sarapan sarat protein yang bisa dicoba di rumah.

Oat dan greek yogurt atau cottage cheese
Jika tidak ingin repot menyiapkan sarapan di pagi hari, cobalah menyiapkan sarapan di malam hari. Campurkan dua per tiga gelas greek yogurt atau cottage cheese dengan sepertiga gelas oat. Resep oatmeal ini tetap enak disantap kendati sudah dibuat semalam sebelumnya dan bisa ditambah tambahan lain sesuka seelera.

Campur greek yogurt atau cottage cheese dengan smoothies
Buatlah smoothies dengan campuran tiga per empat gelas greek yogurt atau cottage cheese. Tambahkan pula ekstrak vanila, sejumput bubuk kayu manis, dan susu atau air untuk membuat bahan-bahan tersebut jadi cair.

Masak oatmeal dan susu
Susu non-dairy sangat baik jika Anda alergi pada produk-produk turunan sapi. Segelas susu non-dairy mengandung 10 gram protein. Campurkan susu tersebut dengan setengah gelas oat dan segenggam kacang. Kini Anda punya menu sarapan yang sarat protein.

Masak telur dan oatmeal
Mungkin campuran ini terdengar aneh namun bisa dicoba. Caranya masaklah oatmeal seperti biasa kemudian pindahkan dari kompor dan masukkan telur. Telur akan matang perlahan di dalam oatmeal.

Sarapan dengan sisa makan malam
Tidak ada salahnya makan malam yang masih tersisa disantap lagi untuk sarapan. Hangatkan kembali sup atau ayam panggang sisa semalam. Sebagai variasi, bisa tambahkan telur matang atau setengah matang. Trik ini tidak hanya menyediakan menu tinggi protein tetapi juga hemat waktu.

Campurkan biji rami ke dalam sereal atau roti bakar
Jika telur dan produk olahan susu bukan pilihan Anda, ketahuilah bahwa tiga sendok makan biji rami mengandung sekitar 10 gram protein. Campurkan biji rami itu ke dalam sereal atau taburkan di atas roti bakar sebagai menu sarapan kaya protein.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA