Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Sebaiknya Beli Bahan Makanan Berikut dalam Bentuk Utuh

Jumat 07 Des 2018 09:34 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Sayuran kale.

Sayuran kale.

Foto: Flickr
Daun kale lebih cepat busuk jika dibeli secara iris atau lembaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahan makanan yang sudah dirajang, dipotong-potong, atau diolah dan dijual di supermarket atau pasar mungkin terkesan bisa menghemat waktu Anda di dapur. Beberapa harganya lebih mahal, padahal membeli dalam bentuk utuh dan segar jauh lebih bagus.

Baca Juga

Berikut adalah bahan makanan yang sebaiknya tidak dibeli dalam bentuk rajangan atau potongan jadi, dilansir dari Health.

Bawang putih cincang

Bawang putih yang sudah dikupas kulitnya atau dicincang rasanya berbeda dari bawang putih segar. Rasa khas bawang putih berasal dari senyawa allicin yang terbentuk ketika selnya pecah atau ketika dipotong. Rasa itu terbentuk sesaat setelah Anda merajangnya.

Sifat dan rasa bawang putih berubah, bergantung bentuknya, apakah itu bawang putih utuh, diiris, digeprek, dicincang, atau dihaluskan. Setiap persiapan memerlukan perlengkapan berbeda.

Jamur iris

Penggemar piza dengan irisan jamur di atasnya sebaiknya tak membeli jamur yang sudah diiris. Jamur akan mengering setelah diiris. Jamur juga akan mengerut jika disimpan di dalam kulkas. Memang, jamur ptong menghemat waktu, namun kualitasnya lebih cepat rusak.

Jus jeruk

Lemon, limau, dan jeruk bersifat persnickety, atau enak dinikmati sesaat setelah diperas. Jus yang sudah diperas dalam waktu lama tidak tahan lama, demikian juga rasanya. Jika Anda membelinya dan tetap enak, bisa saja itu sudah ditambahkan pengawet dan sulfit.

Granola

Tidak seperti yogurt, granola adalah makanan yang harus diolah sendiri. Anda bisa memasaknya di atas loyang, mengatur jumlah gula dan garam yang ditambahkan.

Potongan kale

Sebagian besar penjual memotong kale sembarangan. Tidak seperti selada, kale yang dijual dalam bentuk potongan jadi justru merusak bagian kale itu. Kale yang dijual dalam bentuk potongan-potongan kasar juga cepat busuk.

Salad dressing

Beberapa salad dressing yang dijual di pasaran memang enak, namun lebih enak jika membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa mengatur rasio minyak zaitun dan cuka anggur misalnya dua berbanding satu. Anda juga bisa mengatur takaran garam, lada, dan mungkin bawang merah cincangnya. Anda hanya butuh lima menit untuk membuat salad dressing sendiri.

Kentang tumbuk

Kentang tumbuk atau mashed potatoes cenderung cepat mengeras. Ada trik untuk melembutkannya kembali, namun itu berarti Anda harus menambahkan susu panas. Sebaiknya Anda mengolah sendiri kentang tumbuk di rumah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Des 2018, 23:21 WIB