Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Tuesday, 14 Safar 1440 / 23 October 2018

Menikmati Seduhan Kopi Arabika Solok

Ahad 14 Oct 2018 09:20 WIB

Red: Ani Nursalikah

Kopi. Ilustrasi

Kopi. Ilustrasi

Foto: Dailymail
Arabika Solok Rajo tidak berubah rasanya meski didiamkan lama.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Keberadaan kopi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, tidak hanya sebagai tren, menikmati kopi sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang.

Berbagai jenis kopi pun dapat dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari manual brew hingga basic expresso dari berbagai biji kopi yang ada, baik itu robusta maupun arabika. Salah satu biji kopi yang cukup terkenal dari Sumatra Barat adalah Arabika Solok'

Kopi ini berasal dari daerah dataran tinggi Sumbar, tepatnya di Kabupaten Solok. "Dari beberapa jenis arabika yang ada, Solok Rajo adalah salah satu favorit saya," kata salah seorang penikmat kopi, Oki Nofialdi di Bukittinggi, Sabtu (13/10).

Dalam menikmati kopi, pria 26 tahun itu lebih suka jika kopi diproses secara manual, seperti tubruk atau V60. Oki menyebutkan, Arabika Solok Rajo memiliki rasa yang khas, berbeda dari pada beberapa kopi arabika lain yang ada di Indonesia.

photo

Seorang petani merawat biji kopi arabika.

Beberapa kopi lain, menurutnya, akan berubah rasa apabila sudah didiamkan dalam waktu yang lama, sementara Solok Rajo rasanya akan tetap sama. "Bagi saya, waktu yang paling tepat untuk menikmati kopi adalah saat sore hari," ujarnya.

Penikmat kopi lainnya, Zaimel Hendri (26) mengatakan dibandingkan dengan jenis robusta, ia lebih suka menikmati arabika sebab rasanya yang tidak pahit. Beberapa kopi jenis arabika yang sering ia nikmati diantaranya adalah Solok Rajo, Gayo, Toraja, dan beberapa kopi dari Pulau Jawa.

Salah seorang barista Pilar Coffee yang berada di kawasan Bukittinggi, Nanda Aldila mengatakan Kopi Solok merupakan salah satu kopi yang cukup digemari oleh penikmat kopi di daerah tersebut. Menurutnya, Arabika Solok sendiri terdiri dari beberapa jenis biji yang memiliki karakteristik berbeda antara satu sama lain, hal tersebut tergantung pada ketinggian kopi itu ditanam. Beberapa jenis Arabika Solok yang ada diantaranya adalah Arabika Solok Pak Rajo, Limau Cirago, Solok Danau Diateh, Solok Black Honey, dan Solok.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES