Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Selasa, 14 Safar 1440 / 23 Oktober 2018

Tahukah Anda Benda Penuh Bakteri di Restoran?

Kamis 11 Okt 2018 02:18 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari

Wadah lada dan garam.

Wadah lada dan garam.

Foto: Pxhere
Anehnya, benda terkotor di restoran tidak terdapat di toilet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelumnya sebuah penelitian menunjukkan bahwa lembaran menu merupakan benda paling kotor di restoran. Buku menu menyimpan sekitar 185 ribu bakteri, yang jumlahnya lebih banyak dari dudukan toilet. Anehnya, benda paling kotor di restoran setelah buku menu tidak terdapat di toilet.

Baca Juga

Berdasarkan laporan laman Reader's Digest, pengocok lada menjadi benda penuh bakteri yang terdapat di restoran. Tidak hanya pengocok lada, beberapa tempat bubuk bumbu lainnya, seperti garam, gula, dan keju juga penuh bakteri. Menurut penelitian yang dilakukan ABC News, jumlah bakteri pada pembumbung lada mencapai lebih dari 11 ribu bakteri.

"Sebagian besar botol hanya dibersihkan menggunakan lap basah," kata Direktur Operasional ConsumerSafety.org Jonas Sickler. Beberapa restoran biasanya hanya mengumpulkan botol dan mengisi ulang namun tidak dibersihkan secara benar. Bahkan botol pengocok garam atau lada yang terkontaminasi bakteri tidak hanya milik restoran tetapi juga di rumah tangga.

Apabila ingin masakan yang lebih berbumbu sebaiknya mintalah koki di restoran yang menambahkannya langsung sebelum tersaji di meja. Penelitian ini juga berguna bagi mereka yang menyukai makanan lebih pekat garam.

Ini menjadi kesempatan untuk mengurangi natrium. Restoran hanya satu dari 14 tempat lain yang rentan kuman. Di antara tempat lain, kamar tidur menjadi salah satunya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES