Monday, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Monday, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Chef Legendaris Joel Robuchon Meninggal

Selasa 07 August 2018 06:55 WIB

Red: Indira Rezkisari

Chef Joel Robuchon

Chef Joel Robuchon

Foto: EPA
Joel merupakan juru masak peraih bintang Michelin terbanyak.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Joel Robuchon, juru masak ternama pemenang bintang Michelin, meninnggal dunia di usia 73 tahun. Joel dikenal dengan masakan Prancisnya, terutama kentang tumbuknya yang tersaji di restorannya.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (7/8), juru bicara Joel mengonfirmasi kematianna. Laporan media Prancis mengatakan Joel meninggal akibat kanker di Jenewa.

Joel merupakan juru masak dengan bintang Michelin paling banyak dibandingkan siapapun di dunia. Dia mulai meraih Michelin sejak tahun 1990 dan pernah terpilih untuk memasak dalam ajang 'dinner of the century'.

Joel terkenal pula dengan inovasinya serta unsur permainannya di dapur. Restorannya tersebut di beberapa penjuru kota dunia, Paris, Tokyo, Las Vegas hingga New York.

Juru masak pemegang bintang Michelin lainnya dari Prancis, Alain Ducasse, yang kerap dipandang sebagai rival Joel mengatakan, dunia kuliner Prancis berutang besar pada Joel. "Dia adalah pria yang selama lebih dari 40 tahun membuat makanan Prancis terkenal di seluruh dunia."

Alain (61) menambahkan, Joel adalah seorang kolega yang penuh tuntutan. Namun, Alain berujar lagi, karakternya tersebut merupakan fondasi bagi kami untuk menghargai diri.

Joel memasak secara profesional sejak usia 15 tahun di sebuah restoran lokal. Pada usia 29 tahun ia sudah menjalankan dapurnya sendiri dan mengelola 90 juru masak di sebuah hotel besar di Paris.

Selama bertahun-tahun, dapurnya adalah restoran Jamin yang terletak dekat Menara Eiffel. Jamin dibuka pada tahun 1981.

Ketika baru tiga tahun beroperasi Jamin sudah meraih bintang Michelin. Pencapaian tersebut belum diraih siapapun ketika itu. Masa tunggu untuk di Jamin cukup lama.

Pelanggan harus melakukan pemesanan tempat minimal dua bulan sebelumnya. Harga makananya, tanpa anggur, yakni 200 dolar AS untuk satu orang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES