Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kopi Panas Versus Es Kopi, Mana Lebih Baik?

Kamis 12 Jul 2018 07:56 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Es kopi

Es kopi

Foto: Pxhere
Es kopi sedikit lebih bermanfaat dibanding kopi panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di musim panas setiap orang berusaha untuk tetap merasa dingin dengan mengonsumsi minuman favorit mereka. Misalnya es krim, es teh lemon atau jus buah segar. Tapi ada satu minuman yang sering dinikmati orang tanpa memperhatikan suhunya.

Banyak artikel menyebutkan manfaat kopi panas. Lalu bagaimana dengan kopi dingin atau es kopi, apakah lebih bermanfaat atau justru tidak?

Ada banyak manfaat dari minum kopi. Termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko berkembangnya penyakit diabetes tipe 2 dan bisa memperpanjang usia. Kopi juga berkaitan dengan mengurangi risiko depresi dan membuat kemampuan kognitif lebih baik.

Kadar polyphenols, mineral dan antioksida yang tinggi merupakan alasan di balik manfaat-manfaat tersebut. Campuran bioaktif di dalam kopi merupakan alasan utama yang membuat kopi sehat.

Baca juga: Buat Kopi Enak, Ini Alat yang Dibutuhkan

Dan Anda juga akan terkejut begitu tahu menambahkan es dalam kopi tidak mengubah campuran bioaktif itu. Jadi kopi dingin sama bagusnya dengan kopi panas.

Nutrisi kopi tidak berpengaruh apapun suhunya. Namun bila dibandingkan es kopi sedikit lebih bermanfaat dibanding kopi panas.

Kopi dingin merupakan pilihan yang lebih baik untuk orang yang memiliki masalah lambung. Kopi dingin 67 persen kurang asam hingga lebih baik untuk sistem pencernaan.

Es kopi juga pilihan tepat untuk orang yang selalu terbakar lidahnya saat menyeruput kopi panas. Kopi dingin lebih tinggi konsentrasi kafeinnya, jadi orang yang memiliki masalah tidur harus menghindari mengonsumsi kopi itu. Atau sebaiknya minum es kopi empat jam sebelum tidur. Tapi lebih banyak kafein tidak selalu buruk untuk Anda, dikutip dari Times of India.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES