Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Dari Mana Asal Sebutan Hot Dog?

Selasa 10 July 2018 09:00 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari

Hot Dog

Hot Dog

Foto: Wikipedia
Tujuh miliar hot dog diprediksi dihabiskan orang Amerika sepanjang musim perayaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan lalu warga Amerika berkumpul merayakan hari kemerdekaannya. Di momen ini, warga Amerika biasanya akan merayakannya dengan melakukan pesta barbecue.

Satu menu yang tidak pernah ketinggalan dalam perayaan ini adalah hot dog. Menurut Badan Nasional Hot Dog dan Sosis, musim puncak tradisi makan hot dog akan dimulai pada hari ulang tahun Amerika dan berlangsung hingga Hari Buruh Nasional Amerika.

Di sepanjang musim itu setidaknya ada sekitar tujuh miliar hotdog yang akan dikonsumsi masyarakat. Berbicara tentang hot dog, ternyata ada banyak hal menarik bisa dikupas. Berikut lima fakta tentang hot dog yang harus diketahui pecintanya.

Jangan samakan hot dog dengan sandwich

Dalam sebuah kerengan pers pada 2015 lalu, Badan Nasional Hot Dog dan Sosis Amerika menegaskan bahwa hot dog bukanlah sandwich. Lembaga itu meminta untuk tidak lagi menyamakan antara hot dog dengan sandwich meskipun keduanya memiliki komponen yang sama.

Sebelumnya, Departemen Pertanian Amerika (USDA) sempat menyebut bahwa hot dog adalah sandwich karena sama-sama terdiri dari dua potong roti dengan tambahan daging. Namun, Badan Nasional Hot Dog dan Sosis menolak pernyataan tersebut.

Baca juga: Rahasia Dapur Agar Kentang Goreng Tetap Renyah

Hot dog termahal di dunia

Meskipun Amerika merupakan negara yang paling banyak memproduksi sekaligus mengonsumsi hot dog, ternyata hot dog termahal justru dibuat oleh warga Jepang melalui merek Tokyo Dog. Tokyo Dog bahkan didaulat sebagai hot dog termahal oleh Guinness World Record pada 2014. Dibanderol dengan harga 169 dolar AS atau Rp 2,1 juta, hot dog ini dilengkapi dengan daging wagyu, jamur maitake, bawang panggang teriyaki, mayo Jepang hingga kaviar.

Pengemudi Weinermobile yang berpendidikan

Weinermobile merupakan truk legendaris yang biasa digunakan oleh Oscar Mayer untuk berkeliling menjajakan hot dog. Uniknya, mereka yang bekerja sebagai pengemudi mobil ini bukanlah orang yang sembarangan.

Pasalnya, pihak perusahaan menetapkan standar pendidikan yang cukup tinggi untuk si pengemudi seperti mahasiwa lulusan marketing, public relation, periklanan, jurnalisme hingga jurusan komunikasi. Posisi pengemudi ini hanya berlaku selama satu tahun saja. Perusahaan kemudian akan mencari pengemudi baru.

Kompetisi makan hot dog

Di sebuah daerah di Brooklyn, tepatnya Coney Island, terdapat sebuah kompetisi makan hot dog yang diadakan rutin setiap tahun, Nathan's Hot Dog Eating Contest. Pada kompetisi ini, peserta diwajibkan untuk makan hot dog sebanyak mungkin dalam satu waktu yang sudah ditentukan. Pada 2017, kompetisi dimenangkan oleh Joey Chestnut yang bisa menghabiskan 72 hot dog hanya dalam waktu 10 menit.

Asal nama hot dog

Tidak ada yang mengetahui secara pasti dari mana asal nama hot dog. Bahkan secara etimologi, definisi hot dog tidak sama dalam beberapa kamus. Bruce Kraig, seorang sejarawan hot dog, menyebut asal nama hot dog berawal dari sebuah candaan terkait anjing dari Jerman yang memiliki fisik kecil, panjang dan kurus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES