Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Tips Makan-Makan Saat Liburan di Luar Negeri

Rabu 20 June 2018 09:07 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Paella, kuliner khas Spanyol.

Paella, kuliner khas Spanyol.

Foto: Max Pixels
Bertanyalah secara spesifik jika ingin makanan tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuliner menjadi salah satu bagian penting saat berkunjung ke daerah, kota atau negara lain. Sebagai pelancong, Anda harus dapat memastikan makanan yang disantap tidak akan mengecewakan.

Untuk itu, dalam upaya untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari makan di negara lain, tanpa harus memaksimalkan anggaran perjalanan, Lauren Shockey, penulis buku Four Kitchens berbagi cerita tentang pengalamannya memasak di seluruh dunia. Berikut beberapa tips yang disampaikan Shockey, dilansir dari laman Time, Rabu (20/6).

Dapatkan intel orang dalam

Sebelum melakukan perjalanan, Shockey biasanya meneliti blog makanan lokal dan Yelp. Ia menemukan foto-foto hidangan di Yelp yang sangat membantu. Kemudian ia juga anggota LokaPack, yang menawarkan panduan tujuan yang dikurasi dari pakar industri dan saran yang dipersonalisasi, namun harus membayar keanggotaan terlebih dahulu.

Akan tetapi jika ada seseorang dalam hidup Anda yang menyukai makanan dan bepergian, tanyakan pada mereka. Tidak ada yang lebih baik daripada saran gratis.

Memiliki pertanyaan yang tajam

Jika Anda menggunakan concierge hotel, sebaiknya gunakan pertanyaan yang sespesifik mungkin, daripada mengatakan, "Saya ingin makanan Spanyol atau apa pun terdengar hebat," kata Shockey.

Hal yang sama berlaku untuk siapa pun yang Anda temui. Jika menyukai paella dan itu yang Anda inginkan, nyatakan bahwa Anda menginginkan restoran dengan harga menengah yang melayani paella terbaik. Bersikap jernih dan jujur tentang apa yang Anda inginkan adalah cara terbaik untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga: Cokelat Rasa Soto Promosikan Kuliner Nusantara

Makan masakan daerah, tapi pilih-pilih

Shockey suka mencicipi masakan lokal semaksimal mungkin, dan akan mencoba mencari potongan tarif lokal yang menakjubkan. Ketika ia tinggal di Hanoi, Vietnam, ia membuat misi untuk menemukan bun cha terbaik.

Lupakan makanan yang sudah biasa, kecuali Anda sangat membutuhkannya

"Saya akan mengatakan menghindari makanan yang dapat Anda miliki di rumah, hanya karena Anda tidak memiliki pengalaman kuliner yang unik," kata Shockey. Namun jika Anda tahu bahwa Anda menyukai hamburger dan itu akan membuat Anda paling bahagia saat bepergian, maka tentu saja makanlah.

Makan di tempat ramai itu bagus

Shockey mengatakan, aturan praktisnya adalah makan di restoran yang sangat sibuk, dan terlihat seperti memiliki omset tinggi. Meskipun mungkin tampak dangkal, indikator-indikator itu penting.

Persediaan air kemasan

Apabila kebersihan air menjadi salah satu poin penting, maka lebih baik untuk membelinya dalam jumlah banyak di pasar atau toko kelontong. Daripada membelinya di hotel yang biasanya mematok harga lebih tinggi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES