Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Ini Makanan Terakhir yang Diinginkan Anthony Bourdain

Selasa 12 Juni 2018 13:42 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Kartu simpati ditinggalkan dengan foto Anthony Bourdain di luar bangunan yang dulunya merupakan restoran Le Halles di Park Avenue, New York, Sabtu (9/6).

Kartu simpati ditinggalkan dengan foto Anthony Bourdain di luar bangunan yang dulunya merupakan restoran Le Halles di Park Avenue, New York, Sabtu (9/6).

Foto: AP
Anthony dikenal menyukai makanan Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semasa hidup, Chef Anthony Bourdain mendedikasikan hidupnya untuk dunia kuliner. Chef Anthony bertualang ke berbagai penjuru dunia untuk menikmati beragam makanan lokal dari daerah-daerah yang ia kunjungi.

Dari beragam makanan yang pernah ia nikmati, Chef Anthony ternyata memiliki satu menu makanan favorit yang ia harap dapat menjadi 'last supper' atau makanan terakhirnya sebelum meninggal dunia. Makanan tersebut adalah sushi.

Hal ini terungkap ketika pada 2014 TMZ bertanya kepada Chef Anthony mengenai makanan terakhir yang ia inginkan semasa hidup. Pilihan sushi juga menunjukkan kecintaan Chef Anthony terhadap masakan oriental.

"Sederhana, bukan sesuatu yang kreatif, Nigiri klasik," jawab Chef Anthony ketika ditanya mengenai makanan terakhir yang ia inginkan seperti dilansir Indian Express.

Nigiri sushi merupakan salah satu jenis sushi yang terdiri atas irisan ikan mentah dan nasi yang telah diberi cuka. Irisan ikan mentah biasanya diletakkan di atas nasi yang telah dibentuk menyerupai persegi panjang.

Dalam kesempatan berbeda, Chef Anthony juga menuliskan secara lebih rinci mengenai makanan terakhir yang ingin ia konsumsi melalui kolom Guardian pada 2016. Dalam kolom tersebut, Chef Anthony mengatakan bahwa ia menginginkan '23-course meal' yang mewah di Sukiyabashi Jiro, Tokyo. Serangkaian makanan mewah ini dipersiapkan oleh chef dengan tiga bintang Michelin, Jiro Ono.

"(23-course meal) dengan sake yang paling langka dan mahal," jelas Chef Anthony.

Chef Anthony ditemukan tewas pada 8 Juni lalu di kamar hotelnya di Prancis. Kala itu, Chef Anthony sedang dalam proses syuting untuk acara Parts Unknown. Penyebab kematian pria berusia 61 tahun ini adalah bunuh diri.

Koki terkenal itu menggunakan sabuk jubah mandi hotel untuk melakukan bunuh diri pada Jumat. Ahli medis menyimpulkan tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh Bourdain. Jaksa mengatakan tes toksikologi sedang dilakukan, termasuk tes urin, untuk melihat apakah Bourdain mengambil obat apa pun, untuk mencoba membantu keluarganya memahami jika ada yang menyebabkan dia bunuh diri.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES