Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Sabtu, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Mudah Nikmat Kreasi Es Krim Pisang

Selasa 29 Mei 2018 17:00 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari

Es krim pisang kreasi mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

Es krim pisang kreasi mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

Foto: ist
Bahannya mudah namun rasanya tak kalah nikmat.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang bisa dikatakan sangat mudah ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Karenanya, melimpahnya produksi pisang harus bisa diimbangi dengan inovasi-inovasi pengolahan pisang itu sendiri.

Sangat mudah menemukan pisang di Indonesia. Bahkan, pisang merupakan salah satu buah yang cukup mudah ditanam di tanah Indonesia, khususnya pedesaan. Tidak heran, hasilnya begitu melimpah.

Sayangnya, tidak cukup banyak kreasi-kreasi makanan yang dihasilkan, dengan mengambil bahan dasar pisang. Akibatnya, harga pisang terbilang cukup murah, dan belum memiliki nilai jual yang tinggi.

Empat mahasiswi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berasal dari latar fakultas dan jurusan berbeda, mengembangkan ide untuk menciptakan es krim berbahan pisang. Mereka adalah Monita Cindy Christiani dan Fatmawati Dwi Rohmah dari PGSD FIP, Tri Haryanti dari Pendidikan Teknik Boga FT dan Shinta Rahmawati dari D3 Akuntansi FE. Tujuannya, agar ada pilihan mengolah pisang, tidak sekadar digoreng atau direbus.

Monita menjelaskan, pembuatan es krim pisang ini selain karena kaya vitamin, tapi juga tanpa bahan pengawet. Selain itu, inovasi es krim pisang bisa disajikan dengan beraneka variasi rasa.

"Selama ini belum ada es krim yang terbuat dari pisang, oleh karena itu semoga dapat membangkitkan rasa penasaran pada masyarakat," kata Monita.

Baca juga: Es Susu Kurma, Manis Bergizi Penuhi Nutrisi Ramadhan

Fatmawati menambahkan, es krim pisang yang mereka kembangkan memiliki beberapa varian rasa seperti vanila, strawberry dan original. Bahkan, es krim original sendiri dapat dilapisi cokelat untuk membangkitkan selera. "Selain itu, modal usahanya lumayan minim," ujar Fatmawati.

Tri Haryanti menjelaskan, pembuatan es krim pisang ini hanya memerlukan bahan-bahan sederhana. Di antaranya pisang, gula pasir, cokelat, susu kental manis, kacang tanah sangrai, air dan perasa makanan. "Untuk alat, alat yang diperlukan pisau, baskom, cetakan, sendok cup, alat blend, freezer dan stick," kata Tri.

Cara membuatnya, pisang dipotong kecil-kecil, kemudian diblender dengan susu kental manis. Campurkan perasa makanan hingga menjadi adonan. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam cetakan lalu masukkan dalam freezer.

Sembari menunggu, cokelat dapat dicairkan dan kacang tanah diblender kasar. Cokelat dan kacang tanah ini digunakan sebagai taburan di es krim pisang. Es krim yang sudah membeku diambil lalu dicelupkan dalam cokelat cair.

Kemudian, celupkan ke kacang yang sudah dihaluskan dan celupkan kembali ke cokelat cair. Es krim pisang yang telah diberi taburan dimasukkan dalam kemasan dan dibekukan kembali dalam freezer. Es krim siap dikonsumsi.

"Peluang pemasaran es krim pisang cukup cerah karena bahannya mudah didapat, pembuatan mudah dan harga murah," ujar Shinta menambahkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES