Saturday, 8 Rabiul Akhir 1440 / 15 December 2018

Saturday, 8 Rabiul Akhir 1440 / 15 December 2018

Kreasi Simpel Lezat, Ayam tanpa Tulang dengan Salad

Rabu 23 May 2018 13:46 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Kreasi kuliner dari dada ayam.

Kreasi kuliner dari dada ayam.

Foto: Wikimedia
Ayam tanpa tulang bisa jadi solusi makanan yang mudah dan simpel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahan dasar daging ayam memang seolah tiada habisnya menjadi olahan andalan. Jika bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, ada satu hidangan yang bisa menjadi kreasi favorit di rumah.

Hidangan ayam tanpa tulang dengan salad bisa menjadi solusi makanan yang mudah dan simpel, tetapi tetap lezat dan sehat. Sajian ini juga bisa menjadi solusi cepat untuk makan siang ataupun makan malam.

Dilansir laman The Kitchn, Rabu (23/5), ayam tanpa tulang bisa dikreasi menjadi olahan ayam Caesar Salad dan atau pasta ayam. Berikut tahapan yang bisa dicoba untuk membuat salah satu hidangan yang menggoda selera.

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain satu sampai empat buah dada ayam tanpa kulit, garam dan lada hitam, satu sendok makan minyak zaitun, mentega tawar atau kombinasi keduanya Untuk cara membuat, Anda bisa membuat bumbu pedas atau membumbui ayam dengan rempah segar.

Lebih bagus jika ingin merendamnya dalam air yang telah diberi garam, tetapi juga tidak wajib. Namun pastikan ayam benar-benar kering saat akan dimasak.

Iris dada ayam sampai memiliki ketebalan yang rata lalu beri garam dan merica. Panaskan wajan atau panci tumis dengan api sedang. Ketika sudah cukup panas, tambahkan minyak zaitun atau mentega.

Masak dada ayam selama satu menit sampai diperoleh warna keemasan, kemudian balikkan daging. Terakhir, kecilkan api dan tutup panci serta masak dengan suhu rendah. Tunggu hingga 10 menit.

Setelah 10 menit, matikan api, dan biarkan dada ayam di dalam panci. Jangan angkat tutup panci ataupun mengintip dan pastikan tidak ada warna merah muda di tengah dada ayam. Ayam siap disajikan dengan pilihan taburan salad sesuai selera Anda.

Pilihan lainnya, Anda juga bisa membumbui ayam dengan tepung sebelum dimasak. Bumbui tepung dengan rempah-rempah terlebih dulu sebelum dimasak. Ketika dimasak, pastikan ayam harus berwarna keemasan. sebelum Anda membalikkannya. Ini akan membuat ayam memiliki kerak yang sangat halus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES