Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Kreasi Tapai Singkong Jadi Kue Vanila Cokelat

Selasa 22 May 2018 11:00 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kue Tape Vanilla Coklat yang merupakan kreasi dari tape singkong ala Chef Juna.

Kue Tape Vanilla Coklat yang merupakan kreasi dari tape singkong ala Chef Juna.

Foto: Republika/Wahyu Suryana
Pengolahan yang tergolong singkat menjadikan kue ini cocok untuk makanan berbuka.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Membuat kue memang membutuhkan kreativitas. Tidak cuma dalam menghiasnya, tetapi kreativitas dibutuhkan pula untuk mengolah bahan-bahan yang tidak biasa menjadi satu jenis kue yang menggoda selera.

Resep ini sendiri dibagikan chef Juna, salah satu juru masak populer di Indonesia, saat menampilkan demo masak di Prime Plaza Hotel beberapa waktu lalu. Bertepatan bulan suci Ramadhan, resep ini bisa menjadi salah satu pilihan berbuka manis.

Dibutuhkan bahan-bahan seperti 150 gram mentega, 125 gram gula halus, tiga butir telur ayam utuh, dan dua kuning telur ayam. Perlu juga 200 gram tapai singkong yang sudah halus, 30 gram meses, setengah sendok teh ekstrak vanila, dan satu buah biskuit vanila coklat.

Sebagai pembuka, dapat dicampur dan diayak dulu 80 gram tepung terigu, 40 gram remahan biskuit, 20 gram susu bubuk, dan setengah sendok teh baking powder. Untuk membuatnya, pertama kocok mentega dan gula halus sampai lembut.

Masukkan satu per satu telur sambil dikocok sampai mengembang. Dalam praktiknya, walau penggunaan mesin pengocok memang akan memberikan hasil yang lebih maksimal, harus pula dilihat kekentalan adonannya.

"Dicek terus biar kekentalannya sama sebab sehebat-hebatnya mesin, kekentalan itu tidak bisa 100 persen sama. Kita harus bantu-bantu sedikit," kata Juna, Ahad (20/5).

Setelah itu, masukkan tapai, kocok sampai rata, dan masukkan campuran tepung terigu untuk diaduk perlahan sampai rata. Setelah rata, masukkan ekstrak vanila, sembari mengoleskan mentega ke loyang yang akan digunakan memanggang adonan.

Untuk memudahkan kita saat mengeluarkan kue, loyang persegi panjang yang digunakan bisa dilapisi kertas roti sebelum mentega dan adonan. Kemudian, panggang adonan dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

"Sebagai variasi, bisa setengah dulu adonan dipanggang, lalu taburi meses pada menit ke-15, lalu tuang adonan sisanya," ujar Juna.

Setelah matang, kue tapai vanila coklat yang sudah dipindah ke piring dapat dihias menggunakan krim atau buah-buah seperti stroberi. Waktu pengerjaan yang cukup singkat membuat kue ini cocok untuk berbuka.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES