Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kopi Sehat Tergantung Cara Olahnya

Kamis 17 May 2018 04:45 WIB

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra

Seorang barista mengamati biji kopi yang akan diolah pada Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (21/1).

Seorang barista mengamati biji kopi yang akan diolah pada Indonesia Coffee Events (ICE) 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (21/1).

Foto: Antara/Zabur Karuru
Kopi disebut kaya mineral dan memiliki antioksidan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain kafein, kopi mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan. Menurut Iyan Muhazan barista dan pemilik kedai kopi History Coffee, kopi bahkan memiliki antioksidan yang diketahui bermanfaat untuk tubuh.

"Kopi itu sehat, ya. Karena kafein itu hanyalah sebagian kecil dari kopi. Masih ada yang lain, kaya mineralnya. Ada antioksidannya juga. Bahkan, antioksidan si kopi ini lebih daripada buah, loh,"  kata Iyan kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Namun, menurutnya, masih banyak orang beranggapan bahwa kopi itu buruk, bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker. "Banyak kalau orang ngomong kopi ini bisa berpotensi kanker dan sebagainya. Kalau kanker itu, minum kopi apa dulu," kata Iyan yang berhasil menjuarai kompetisi manual brew di ajang Manual Brew Fun Battle 2018 di Jakarta.

Pada dasarnya semua kopi itu baik, namun yang membuat kopi itu berpotensi menyebabkan kanker karena kesalahan dalam pengolahan. "Kalau minum kopi yang terlalu gosong banget, air panasnya terlalu gosong banget. Dia ada kandungan karsinogen," jelas Iyan.

Karsinogen merupakan bahan yang dapat memicu terjadinya kanker. "Karisongen itu dapat ditemukan di ayam panggang, sosis, dan lain sebagainya," ujarnya.

Sehingga Iyan menyarankan untuk meminum kopi dengan pengolahan yang tepat, "Kalau coffe specialty seperti ini yang digoreng, jadi warnanya itu cokelat-cokelat muda atau cokelat-cokelat tua. Nggak sampai gosong banget. Kita nyeduh kopinya pun nggak sampai panas banget," ujar pria berusia 29 tahun ini.

Karena jika terlalu panas dan gosong dapat memicu terjadinya kanker. "Sudah panas, sudah gosong itu ada kandungan karsinogen yang berpotensi kanker," ucapnya.

Ia juga menambahkan kopi sehat sebaiknya yang tanpa gula. Karena bisa berpotensi menyebabkan diabetes. "Hilangkan mindset kopi harusnya pakai gula," ujar dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA