Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Baso Ati Raja, Bakso yang Wajib Dicicipi di Makassar

Jumat 11 Mei 2018 16:44 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Baso Ati Raja, kuliner asal Makassar.

Baso Ati Raja, kuliner asal Makassar.

Foto: Republika/Desy Susilawati
Bakso gorengnya tidak boleh dilewatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mau berkunjung ke Makassar? Baso Ati Raja bisa menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Makassar.

Salah satu orang kepercayaan di rumah makan Bakso Ati Raja, Ari Saldi, mengatakan Bakso Ati Raja ini sudah ada sejak tahun 1995. Awalnya sang pemilik Bakso Ati Raja, Lim Hook Moe, menjual jalangkote yaitu makanan khas Makassar sejenis pastel yang berisi sayuran. Mereka berjualan keliling saat itu.

Namun ketika ingin mencoba membuat kreasi baru dan berjualan bakso, mereka justru salah adonan. Akhirnya karena modal pas-pasan dan sayang bahan yang sudah digunakan, mereka pun menjualnya. Dan ternyata masyarakat justru suka. Mereka kemudian menyebutnya gorengan.

Dari situ kemudian berkembang. Mereka berhasil membuat bakso daging sapi yang enak. Namun gorengan yang salah adonan tersebut juga tetap dijual dan menjadi bakso goreng.

Di rumah makan ini disediakan berbagai menu. Ada bakso campur yang terdiri dari bakso halus, bakso kasar atau baso urat dan baso goreng. Ciri khas bakso ini terbuat dari daging asli 100 persen. Sapi yang digunakan adalah sapi lokal Makassar yang berasal dari pemotongan sapi terdekat.

photo

Baso Ati Raja, kuliner khas Makassar.

Jangan ditanya rasanya seperti apa. Pastinya enak dan segar. Apalagi jika dimakan di siang hari yang terik. Untuk menemani semangkuk bakso panas, Anda bisa memakannya dengan buras. Agar tambah nikmat, Anda bisa meracik sendiri dengan bumbu tambahan seperti sambal kuning, kecap asin dan kecap manis, minyak wijen, merica, atau garam.

Selain itu untuk minumannya Anda bisa memesan es kelapa muda, es jeruk ataupun aneka jus lainnya. Dijamin bakal ketagihan. Harga seporsi bakso dibanderol Rp 30 ribu. Bakso ini juga bisa dibuat oleh-oleh yang dijual Rp 150 ribu per kemasan, isi lima porsi.

Rumah makan ini ramai ketika akhir pekan. Biasanya kedai dipenuhi oleh keluarga yang ingin menyantap bakso sambil bersantai.

Bakso Ati Raja sudah sering ikut dalam festival kuliner. Sekali ikut pameran bakso bisa laku hingga 1.500 porsi.

Bakso Ati Raja pertama kali dibuka di Jalan Gunung Merapi nomor 170. Saat ini mereka sudah mempunyai tujuh cabang di Makassar. Bahkan sudah ada beberapa daerah yang minta untuk waralaba Bakso Ati Raja. Namun mereka belum sanggup memasok basonya. Bakso ini juga bisa dipesan lewat Go Food.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES