Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Durian Tabalong Menangkan Kontes Durian Kalsel

Selasa 06 Februari 2018 21:07 WIB

Red: Didi Purwadi

Ilustrasi sentra kebun durian.

Ilustrasi sentra kebun durian.

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Durian Tabalong harum aromanya dan tebal dagingnya.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG -- Durian Mahrawin Merah asal Desa Pujung, Kecamatan Tabalong, Kalimantan Selatan, meraih juara kedua kontes durian tingkat Provinsi Kalsel. Kepala Seksi Buah dan Tanaman Hias Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Endang Susilowati Dwi Hartati di Tanjung, Selasa, mengatakan pihaknya mengikutkan 13 macam durian pada kontes di Kabupaten Banjar.

"Durian Mahrawin yang terpilih sebagai juara dua dari 13 durian yang ikut kontes," jelas Endang.

Durian Mahrawin Merah memiliki aroma harum, tajam, menyengat dan kuat. Durian Mahrawin Merah mirip Pampakin, namun kulitnya berwarna merah. (Baca: Wisata Tunggu Buah Durian Jatuh di Pesisir Selatan)

Buah ini berasal dari tanaman durian milik Amit (65), warga Desa Pujung, Kecamatan Bintang Ara, dengan daging buah tebal, lembut, dan lemak.

Sementara itu dari 13 macam durian asal Kabupaten Tabalong yang mengikuti kontes tingkat Provinsi Kalsel antara lain Durian Karantungan, Pampakin, Lekol, Kamundai dan Mahrawin Hijau.

"Durian Mahrawin Merah belum pernah mengikuti kontes dan alhamdulillah tahun ini bisa meraih juara kedua," jelas Endang. Untuk juara pertama kontes durian ini diraih Kabupaten Tapin dan Kabupaten Balangan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES