Thursday, 14 Rajab 1440 / 21 March 2019

Thursday, 14 Rajab 1440 / 21 March 2019

Menyantap Jagung Bose Khas NTT

Rabu 27 Sep 2017 06:38 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra

Jagung Bose

Jagung Bose

Foto: kulinerntt.blogspot.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Jagung menjadi salah satu makanan pokok warga Kupang, Nusa Tenggara Timur. Olahannya pun amat khas, yakni menu santapan bubur jagung alias jagung bose.

Semangkuk jagung bose terdiri dari bahan dasar jagung, kacang merah, labu manis, dan santan. Cita rasanya tawar-gurih dan kerap disajikan dengan daging se'i (daging sapi asap), tumis bunga pepaya, dan lawar ikan.

Cara mengolahnya, yakni dengan terlebih dahulu merendam jagung berbiji putih di air kapur sirih. Kulit ari jagung kemudian dibuang dan bulir jagung dijemur.

Lantas, jagung dan kacang merah direbus hingga matang lantas disiram dengan santan. Bubur jagung ini biasanya dinikmati bersama ikan bakar atau sebagai pengganti nasi.

Kota Kupang yang dikelilingi lautan juga dikenal dengan hasil laut yang melimpah. Salah satunya, Pasar Ikan Pasir Panjang sepanjang Jalan Timor Raya yang menjual berbagai ikan segar yang ukuran terkecilnya sepanjang lengan manusia.

Mencicipi santapan bahari tersebut semakin nikmat dilahap setelah bertandang ke pantai. Beberapa menu yang tersedia termasuk olahan berbagai ikan, udang, cumi-cumi, dan kepiting dengan varian saus aneka rasa.

Sumber : Pusat Data Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA