Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Kreasi Mi Instan Ifumi Teriyaki 

Kamis 02 Feb 2017 16:48 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Kreasi mi instan yang dimasak ala ifumi bersaus teriyaki.

Kreasi mi instan yang dimasak ala ifumi bersaus teriyaki.

Foto: Republika/Dwina Agustin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bosen dengan masakan mi instan yang begitu-begitu saja? Coba mulai berkreasi dengan membuat sajian yang sedikit berbeda.

Nicky Tirta contohnya yang membuat sajian kreasi mi instan agar tidak bosan dimakan sebatas hanya direbus. Nicky mencoba mengubah resep dengan inspirasi masakan Cina.

"Ya, ini memang terinspirasi dari ifumi, dibuat kaya mangkok gitu, tapi pakai saus teriyaki," katanya ini dalam acara "#IndomieUniqMie".

Nicky menjelaskan jika bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari satu bungkus mi instan goreng atau jenis lainnya sesuai selera, setengah butir bawang bombay, 100 gram dada ayam tanpa tulang, satu helai daun bawang, 30 ml saus teriyaki, biji wijen, dan minyak goreng secukupnya. Untuk tambahan, bisa diberikan sayuran sesuai selera, seperti paprika atau tomat secukupnya.

Untuk cara memasak, rebus mi terlebih dahulu hingga matang, setelah itu tiriskan. Potong bawang bombay, daun bawang, dan sayuran tambahan, tumis terlebih dahulu bawang bombay hingga harum.

Setelah itu, masukkan ayam, sayuran tambahan, termasuk bumbu mi instan dan saus teriyaki. Jangan lupa masukan pula biji wijen agar masakan memiliki aroma yang menggoda, aduk hingga matang dan sisihkan.

Untuk membuat ifumi, ambil spatula bulat antilengket, lalu susun rebusan mi di atasnya. Goreng hingga seluruh bagian mi terendam, setelah sedikit mengering, coba tekan perlahan dengan spatula lain agar mi bisa cekung seperti mangkuk.

"Ini harus hati-hati, kalau belum agak kering jangan ditekan-tekan dulu, nantinya malah lengket banget," kata Nicky.

Jika mi sudah cukup kering, angkat dan lepaskan perlahan mi tersebut dari spatula. Susun ayam teriyaki yang sebelumnya sudah dimasak di atas mi yang sudah berbentuk mangkok tadi.

Baca juga: Tips Makan Barbecue yang Enak dan Nikmat

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA