Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Kuliner Pakai Jar Harus Utamakan Kebersihan

Selasa 24 Jan 2017 16:57 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

Aneka makanan pasta yang dikemas dalam jar

Aneka makanan pasta yang dikemas dalam jar

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- By Dapur Cinuy merupakan salah satu bisnis kuliner bermodel jar. Di antara kuliner yang ada, pemilik bisnis Jamarine Wulanti justru lebih mengedepankan pastanya yang dikenal dengan nama sayhicheese. “Ini pasta yang kaya akan keju,” ujar perempuan yang dipanggil Arine ini kepada Republika.co.id, Jumat (20/1).

Meski hanya bermodalkan jar, Arine menegaskan, penggunaan alat itu juga harus tetap mengutamakan kebersihan. Oleh karena itu, dia selalu melakukan proses sterilisasi jar terlebih dahulu. Alasannya sederhana, yakni ingin menjual makanan bergizi dengan mengedepankan kebersihan.

Untuk proses sterilisasi sendiri, dia sebenarnya hanya menggunakan konsep manual dengan memanfaatkan air hangat. Jar cukup direndam yang kemudian dikeringkan untuk bisa dimasukkan pasta. 

Sementara ihwal pasta pada umumnya sama dengan cara masak lainnya. Hanya saja, dia melanjutkan, adonan pasta dimasukkan ke jar sudah matang ke jar sebelum dipanggang. “Masukkan ke dalam jar perlahan agar tidak lumpah lalu dipanggang. Setelah selesai panggang, tunggu sampai bagian luar jar tidak panas dan barulah bisa dijual,” tambah perempuan berhijab ini.

Adapun varian kuliner dari hicheese ini, seperti spagheti in jar, fettucini beef in jar dan schotel in jar. Kemudian terdapat pula lasagna in jar dan chicken wings in jar yang kisaran harganya dari Rp 25 sampai 45 ribu. 

(Baca Juga: Kue Cantik dengan Jar yang Praktis)

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA