Minggu, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Minggu, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

4 Oleh-Oleh Khas yang Paling Diminati Orang Asing

Jumat 16 Des 2016 15:16 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Permen kopi

Permen kopi

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki beragam makanan dan minuman khas yang tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia tetapi juga turis mancanegara. Tak jarang, turis mancanegara yang sudah pernah berkunjung ke Indonesia ingin merasakan kembali makanan dan minuman khas dari Indonesia.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan menitip oleh-oleh makanan atau minuman khas Indonesia kepada teman WNI yang akan datang berkunjung ke negaranya. Traveler sekaligus penulis Trinity mengatakan beberapa temannya yang berasal dari luar negeri kerap menitip oleh-oleh khas Indonesia yang jarang untuk ditemui di luar negeri. Oleh-oleh ini umumnya berbentuk makanan maupun minuman.

"Contohnya permen kopi. Teman saya selalu minta (dibawakan oleh-oleh) permen kopi, karena nggak ada di mana-mana, itu Indonesia banget," cerita Trinity saat ditemui dalam pengumuman pemenang Blue Band Master Oleh-Oleh 2016 di Plataran Dharmawangsa, Jakarta.

Trinity yang pernah tinggal di Filipina juga kerap diminta membawakan buah tangan yang tak biasa oleh teman-temannya di Filipina. Oleh-oleh yang dimaksud, lanjut Trinity, ialah obat herbal kemasan untuk masuk angin. Oleh-oleh lain yang kerap diminati oleh warga negara asing yang pernah berkunjung ke Indonesia, terang Trinity, ialah camilan kacang-kacangan.

"Kacang-kacang kita diminati sih, itu biasanya," ungkap Trinity.

Yang tak kalah menarik, Trinity mengatakan teman-temannya di luar negeri juga menyukai teh kemasan dari Indonesia. Trinity mengatakan meski di luar negeri juga ada teh kemasan dengan beragam rasa, teh kemasan dari Indonesia dinilai memiliki rasa yang khas dan berbeda.

"Kalau ada bagasi lebih, bahkan teh kemasan (akan Trinity bawakan sebagai oleh-oleh). Itu tuh Indonesia banget," jelas Trinity.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA