Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Festival Kuliner Bekasi 2015

Yuk Ngemil Seblak Basah Asli Bandung di Festival Kuliner Bekasi

Sabtu 10 Oct 2015 12:52 WIB

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri

Seblak basah Bandung

Seblak basah Bandung

Foto: MGROL50

REPUBLIKA.CO.ID, Pasti banyak diantara kalian, khususnya warga Jawa Barat yang sudah tidak asing lagi dengan seblak. Makanan khas Bandung ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang pedas.

Di festival kuliner Bekasi, Anda para pencinta seblak dapat menikmati kelezatan seblak yang langsung dibawa dari Bandung oleh Nandar. Seblak basah Bandung ini sudah 3 tahun dijual Nandar di Bandung. Dan ini merupakan kali pertama Nandar menjual seblak basahnya diluar Bandung.

Nandar mengakui cara pembuat seblak basah Bandung miliknya ini cukup mudah, dan tidak berbeda dengan seblak basah Bandung lainnya. Pertama bahan utama seblak yang terdiri dari siomay, bakso, sosis dan makaroni direndam dalam air panas atau air dingin dalam waktu cukup lama. Langkah selanjutnya yaitu tumis dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit, dan penyedap rasa. Tambahkan bahan pelengkap seperti telur. Aduk sebentar dan sajikan.

Namun terdapat beberapa bumbu rahasia yang menjadi ciri khas dan membedakan rasa seblak basah Bandung buatannya dengan seblak basah Bandung milik orang lain. Sehingga sering kali ia menerima tanggapan positif dari para pembeli.

"Sama saja dengan seblak pada umumnya. Tapi ada bumbu rahasia yang membuat seblak saya digemari," ungkap Nandar beberapa hari lalu.

Seblak basah Bandung Nandar ini dijual dengan harga yang bervariasi. Untuk seblak biasa dijual seharga Rp 15 ribu untuk seblak biasa, dan seblak spesial dijual seharga Rp 18 ribu. Dalam sehari, terlebih saat weekend, Nandar bisa mengantongi penghasilan diatas Rp 1 juta. Dan rata-rata pembelinya adalah perempuan remaja.

Festival Kuliner Bekasi ini sendiri diadakan oleh Summarecon Mal Bekasi dari tanggal 23 September-18 Oktober 2015. Selain seblak basah Bandung, pengunjung juga akan dimanjakan oleh 200 sajian khas nusantara lainnya, yang ditawarkan oleh 81 tenant, yang terdiri dari 53 booth dan 28 gerobakan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA