Wednesday, 15 Safar 1440 / 24 October 2018

Wednesday, 15 Safar 1440 / 24 October 2018

5 Manfaat Wasabi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selasa 16 Dec 2014 13:03 WIB

Rep: MGROL31/ Red: Winda Destiana Putri

Wasabi baik untuk kesehatan

Wasabi baik untuk kesehatan

Foto: Rocketnews24

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak kenal wasabi? Ya, tanaman asal negeri Sakura ini sangat terkenal sebagai bumbu penyedap makanan-makanan khas jepang seperti sushi, sashimi, bahkan ochazuke. Namun, tahukah Anda bahwa tanaman berasa pedas ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan?

Berikut ini merupakan 5 manfaat wasabi untuk kesehatan serta kecantikan seperti yang dilansir dari situs Rocketnews24, Selasa (16/12):

Mencegah Keracunan Makanan

Pernahkah Anda berpikir kenapa wasabi digunakan untuk memakan sushi? Hal tersebut bukan hanya karena wasabi yang cocok disandingkan dengan sushi, namun wasabi memiliki kandungan allyl isothiocyanate yang membantu melawan racun dalam makanan. Wasabi juga bekerja menetralisir dan membunuh spora jamur dalam makanan.

Awet Muda Bersama Wasabi

Selain manfaat tadi, wasabi juga memiliki kandungan sulfiny yang merukana senyawa antioksidan terkuat yang dapat mengurangi penuaan dini. Selain itu, wasabi juga dapat melawan kanker serta mengurangi kerutan atau lipatan pada tubuh akibat proses penuaan.

Dapat Mencegah Kanker

Di samping membuat Anda tetap awet muda, wasabi juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dimungkinkan karena wasabi juga memiliki senyawa 6-MSITC (Methylsulfinylhexyl isothiocyanate) yang dapat mencegah inflamasi dan juga membantu pertahanan tubuh Anda dari sel-sel kanker.

Baik Untuk Sirkulasi

Tidak hanya melawan sel kanker, 6-MSITC juga bekerja menghambang agregasi platelet yang merupakan penggumpalan trombosi dalam pembekuan darah. Dengan kata lain, hal ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Efek lain dari peredaran yang lancar iyalah menjaga kesehatan jantung, serta membuat kulit Anda lebih cantik.

Melawan Pilek dan Alergi

Mengkonsumsi minimal satu sendok teh wasabi setiap harinya dapat mencegah pilek, flu, atau alergi pada tubuh Anda. Gas yang dilepaskan oleh senyawa allyl isothocynate dapat membantu melawan bakteri atapun pathogen penyebak pilek maupun flu. Selain itu senyawa ini juga dapat berfungsi meredakan sinus yang mampet.

Meskipun memiliki manfaat yang cukup banyak, akan tetapi Anda perlu juga berhati-hati dalam pengkonsumsian wasabi. Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan yang dimetabolisme oleh hati, sebaiknya Anda menunda pengkonsumsian wasabi terlebih dahulu karena dapat bereaksi negative pada tubuh Anda.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES