Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Diet Sehat, Coba Konsumsi Bulgur

Selasa 25 Nov 2014 13:03 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri

Bulgur

Bulgur

Foto: Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah mendengar makanan bernama bulgur? Apa ya? Bulgur adalah sereal yang berasal dari butir gandum utuh yang telah retak dan sebagian dimasak.

Bulgur sangat cepat bila dimasak. Bulgur mampu menghasilkan energi secara perlahan. Namun dalam jangka panjang tetap membuat tubuh energik.

Rasa bulgur juga enak. Jika Anda sudah mencobanya sekali, Anda akan mengetahui bagaimana rasanya. Karena itu, bulgur merupakan makanan yang sehat dan cocok dimasukkan dalam menu diet Anda.

Disamping bisa dimasak dengan cepat dan rasanya yang enak, masih banyak alasan lain yang harus Anda ketahui. Dan inilah ketujuh alasan mengapa Anda harus mencoba bulgur seperti yang dilansir dalam laman Allwomenstalk, Selasa (25/11)

Kaya akan serat

Bulgur memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini merupakan salah satu alasan mengapa Anda harus mengonsumsi bulgur lebih sering. Bulgur mengandung delapan gram serat dalam satu mangkok. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding satu mangkok beras atau nasi. Dimana Anda direkomendasikan mengonsumsi 25 gram serta per hari untuk perempuan, sedangkan untuk laki-laki dibutuhkan 38 gram per hari. Memasukan makanan yang tinggi akan serat dalam menu diet Anda, sangat penting karena serat membantu menjadi kesehatan sistem pencernaan Anda. Dan itu juga akan membantu Anda untuk memenuhi dan mencegah terhentinya kadar gula darah Anda.

Rendah Kalori

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, bulgur merupakan makanan dari gandum utuh yang baik dan cocok untuk menu diet. Bulgur hanya mengandung sekitar 151 kalori dalam semangkuk. Jumlah tersebut adalah jumlah yang sedikit. Namun, meskipun rendah kalori, serat yang tinggi dalam bulgur akan membantu Anda merasa kenyang. Hasilnya, Anda bisa melakukan diet dengan baik dan mudah.

Sumber zat besi


Selain kaya akan serat dan rendah kalori, bulgur juga menjadi sumber zat besi yang baik. Zat besi merupakan mineral yang penting untuk membantu membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh Anda. Ini akan membantu formasi kolagen, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Makan satu porsi bulgur akan memenuhi kebutuhan zat besi Anda sebesar 8 milligram. Itu artinya Anda sudah memenuhi 10 persen kebutuhan harian Anda akan zat besi bagi Anda yang perempuan dan 22 persen untuk laki-laki.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA