Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Cara Mudah Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi

Rabu 26 Feb 2014 06:26 WIB

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya

Bakso

Bakso

Foto: courtesy of matanews

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khawatir bakso yang Anda konsumsi mengandung daging babi? Agar tak tertipu, konsumen sebaiknya mengetahui cara praktis memilih bola-bola daging bakso yang baik dan pasti halal.

Berdasarkan serial twit yang dikicaukan pendiri Halal Corner, Aisha Maharanie, istilah bakso sendiri berasal dari kata Bak-So. Dalam bahasa Hokkie, secara harfiah Bak-So berarti daging babi giling. "Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah Muslim, maka daging giling babi diganti dengan sapi, ikan atau ayam," katanya Rabu (26/2).

Agar penggila bakso bisa bersantap dengan nikmat, ada baiknya menyimak cara mudah membedakan bakso sapi dan bakso babi :

1. Aroma daging babi lebih banyak lemaknya sehingga menimbulkan aroma lemak tajam dibandingkan sapi. Jadi jangan ragu mencium daging bakso sebelum menelannya bulat-bulat.

2. Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, tetapi jika dipotong warna lebih pucat dibandingkan sapi yang merah kecoklatan.

3. Tekstur bakso babi lebih halus, lembut dan berminyak. Ini berbeda dengan bakso sapi yang kesat, nyaris kering dan berurat.

4. Ukuran bakso babi lebih besar dibandingkan bakso sapi karena teksturkanya lembut dan cenderung dibuat dengan ukuran besar.

5. Harga bakso babi umumnya lebih murah dibandingkan harga bakso sapi.

6. Jika harga bakso sapi lebih murah bisa jadi ada campuran babi atau tepung kanji yang lebih banyak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES