Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Nasi Goreng Rendang Ala William Wongso

Jumat 29 Apr 2011 10:13 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Siwi Tri Puji B

nasi goreng ala William Wongso

nasi goreng ala William Wongso

Foto: agung sasongko/republika

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Nasi Goreng boleh diboleh dibilang merupakan masakan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.  Maka jangan heran, nasi goreng bisa ditemukan mulai dari pedagang kaki lima hingga hotel sekelas bintang lima.

Bagaimana mengolah nasi goreng yang nyamnyam? “Nasi goreng yang enak itu nasi goreng dengan porsi yang sedikit. Tidak enak dibuat porsi banyak,” papar pakar Kuliner, William Wongso saat berbagi tips memasak nasi goreng, dalam acara acara Electrolux Integrated Cooking Appliances yang berlangsung di Gran Melia, Jakarta, Kamis (28/4).

Dijelaskan Om Will, sapaan akrabnya, dia gemar sekali menggunakan bumbu sisa rendang untuk dijadikan nasi goreng. Menurut dia, nasi goreng merupakan masakan praktis yang bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang berasal dari sisa-sisa bahan-bahan masakan yang sayang untuk dibuang.

Meski  terbilang sisa, Om Wil menjamin nilai gizinya tidak akan berubah. “Sayangkan ada nasi sisa dibuang, terus kebetulan menyimpan bumbu rendang, ya sudah jadikan nasi goreng rendang saja,” kata dia.

Menurut dia, inti dari kenikmatan nasi goreng itu terletak pada keraknya. Celakanya, kata dia,  sebagian masyarakat cenderung membuang kerak itu.

“Keraknya itu jangan dibuang. Kereknya itu membuat nasi goreng lebih enak.  Dengan melihat keraknya, kita bisa tahu kalau masih basah, berarti nasi gorengnya belum jadi. Jadi tidak heran, kalau buat nasi goreng dalam jumlah banyak maka rasanya tidak enak. Lha, keraknya itu tidak ada,” kata dia sembari tersenyum.

Tips lainnya, kata Om Will, kalau ingin menambahkan telur, masukan pada bagian akhir. Ketika telur dimasukan, kata Om Will, maka seseorang harus pandai-pandai bermain api.

Kebanyakan, kata dia, sebagian masyarakat yang memasak lupa keasyikan sehingga masakan tiba-tiba gosong. “Jadi, kalau lihat restoran China yang memasak nasi goreng maka antrinya bukan main. Selain karena harus membuat satu per satu, mereka cukup lama memainkan api agar bumbu merata dan masakan tidak gosong,” pungkas dia.

Berikut resep nasi goreng rendang ala William Wongso

Bahan:

Nasi  satu porsi,  
Daun bawang secukupnya
Cabe secukupnya
Bumbu rendang  dua sendok makan atau sesuai selera
Telur  satu butir,
Daging sesuai selera
Sayuran (sawi atau bisa digantikan yang lain)  
Garam

Cara memasak:

Masukan minyak goreng, lalu masukan daun bawang, cabai, sayuran, daging dan bumbu rendang, setelah menyatu, masukan nasi. Lalu aduk hingga bumbu rata. Tambahkan garam. Aduk kembali. Kemudian masukan  telur. Aduk-aduk hingga rata.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA