Minggu, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Minggu, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Mi Lethek Khas Bantul, Seni Kuliner yang Nyaris Punah

Kamis 09 Des 2010 00:53 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Mi lethek

Mi lethek

Foto: courtesy of recommendedplace.com

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Mi  lethek makanan khas Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hampir punah, tetapi masih diminati konsumen lokal, dan bahkan wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Yogyakarta.

"Mi ini sudah semakin jarang dijumpai di pasar kuliner Bantul dan Yogyakarta, namun masih ada wisatawan domestik seperti dari Jakarta, dan Surabaya yang menyukai makanan tradisional ini," kata pembuat dan penjual mi  lethek  Nurul Istiqomah di arena Pameran Pangan Nusantara di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Rabu.

Selama ini, menurut dia mi  lethek  sering ikut pameran kuliner di berbagai kota di antaranya di Jakarta. "Saat pameran di Jakarta, pembeli mi ini cukup banyak dari kalangan anak muda hingga orang tua," katanya.

Ia mengatakan disebut mi  lethek  karena warnanya kusam dan kurang menarik. Warna mi  lethek  tidak seperti mi pada umumnya, karena dibuat dengan bahan baku yang berbeda dengan mi umumnya.

"'Lethek  merupakan bahasa Jawa yang artinya kusam, kotor, dan kurang menarik," katanya. Bahan baku untuk membuat mi  lethek berupa tepung tapioka yang diolah secara manual, dan tidak menggunakan pewarna kimia serta zat pengawet.

Menurut dia, rasa mi ini juga khas, berbeda dengan rasa mi pada umumnya. "Hanya dibuat dengan rasa pedas berupa mie goreng, dan dilengkapi sambal goreng," katanya. Cara penyajiannya, kata Nurul, masih tradisional dan sederhana. "Ketika dimakan, mi ini kenyal, dan ukuran mi sedikit lebih besar dibandingkan dengan mi pada umumnya," katanya.

Selama mengikuti pameran, menurut dia beberapa pengunjung ingin belajar cara membuat dan memasak mi ini. Ia menyebutkan harga mi  lethek Rp 5.000 per porsi. "Selama pameran ini terjual rata-rata 100 porsi per hari," katanya.

Sumber : Ant
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES