Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Imunisasi Lebih Kuat Bila Dibarengi Nutrisi Lengkap

Jumat 26 Apr 2019 14:01 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Anak sedang makan.

Anak sedang makan.

Foto: Pixabay/Ajale
Pemberian nutrisi lengkap bantu berikan perlindungan optimal ke anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberian imunisasi dasar lengkap dan sesuai jadwal dapat efektif mencegah penyakit dan membantu menurunkan angka kematian bayi dan balita. Namun efek imunisasi ini akan lebih kuat bila dibarengi dengan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga

Beberapa imunisasi yang sudah disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk bayi di bawah usia satu tahun adalah, imunisasi Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, dan Campak. Menurut UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik – IDAI, dr. Yoga Devaera, SpA(K), pemberian imunisasi dasar yang lengkap harus dibarengi dengan asupan nutrisi seimbang demi memberikan perlindungan maksimal untuk si kecil dari berbagai penyakit sekaligus mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

"Anak yang kekurangan nutrisi berpotensi mengalami penurunan kemampuan kognitif dan rentan terinfeksi penyakit menular," ujarnya di sela acara Press Conference “Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Tepat Untuk Mendukung Indonesia Sehat” yang diselenggarakan Nestlé, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada umumnya, setelah bayi berusia genap enam bulan, disamping ASI, bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makronutrien dan mikronutrien untuk tumbuh kembang yang optimal. Sebagai contoh, si kecil memerlukan lima kali lebih banyak nutrisi dan dua kali lebih banyak energi dari orang dewasa.

Salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat besar yang diperlukan bayi adalah zat besi. Kebutuhan harian zat besi untuk si Kecil yang berusia 6 sampai 12 bulan setara dengan 385 g daging sapi atau 85 g hati ayam. ASI memenuhi 0,3 mg dari 11 mg kebutuhan zat besi bayi.

Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, salah satunya dengan mengombinasikan Makanan Pendamping (MP) ASI rumahan dengan MP-ASI fortifikasi.

Head of Medical and Nutrition Service Department PT. Nestlé Indonesia Dr. dr. Ray Basrowi, MKK mengatakan sebagai bagian dari komitmennya untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia yang sehat, Nestlé menyediakan produk MP-ASI yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Si Kecil.

"Selain itu, Nestlé ikut serta mendukung inisiatif pemerintah untuk menuju Indonesia Sehat melalui edukasi akan pentingnya imunisasi lengkap dan asupan nutrisi seimbang untuk membantu tumbuh kembang optimal.”

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA