Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Hewan Peliharaan Bantu Tingkatkan Kesehatan Mental Lansia

Senin 08 Apr 2019 17:22 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Pengemong kucing. Ilustrasi

Pengemong kucing. Ilustrasi

Foto: People
Hewan peliharaan membantu mengurangi stres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki hewan peliharaan dapat membantu orang dewasa mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik. Menurut sebuah penelitian, lebih dari tiga perempat pemilik hewan peliharaan mengatakan hewan mereka membantu mengurangi stres.

Dua pertiga pemilik hewan peliharaan dan 78 persen pemilik anjing mengatakan hewan peliharaan membantu mereka tetap aktif secara fisik. Sebanyak 65 persen orang mengatakan memiliki hewan peliharaan membantu mereka terhubung dengan orang lain.

Selain itu, lebih dari 70 persen lansia mengatakan hewan peliharaan membantu mereka mengatasi gejala fisik atau emosional. Sebanyak 46 persen melaporkan hewan peliharaan membantu menghilangkan rasa sakit.

"Hubungan dengan hewan peliharaan cenderung tidak terlalu rumit dibandingkan dengan manusia dan hewan peliharaan sering menjadi sumber kesenangan yang besar. Mereka juga memberi orang yang lebih tua rasa dibutuhkan dan dicintai," kata Mary Janevic, peneliti di University of Michigan di Amerika Serikat seperti dilansir Independent Online, Senin (8/4).

Untuk penelitian tersebut, tim menyertakan 2.051 orang berusia 50 sampai 80 tahun. Akan tetapi komitmen waktu dan biaya menghalangi kepemilikan hewan peliharaan, kata para peneliti. Terlepas dari orang-orang yang melaporkan kesulitan dalam bepergian atau menikmati kegiatan di luar rumah karena hewan peliharaan, 18 persen mengatakan memiliki hewan peliharaan menekan anggaran mereka.

Satu dari enam peserta mengatakan mereka lebih mengutamakan kebutuhan hewan peliharaan mereka. "Meskipun manfaat hewan peliharaan sangat signifikan, hubungan sosial dan aktivitas dengan teman dan keluarga juga merupakan kunci kualitas hidup," kata penelitian itu.

"Membantu orang lanjut usia menemukan cara-cara murah untuk mendukung kepemilikan hewan peliharaan, sementara tidak mengorbankan hubungan dan prioritas penting lainnya adalah investasi dalam kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan," kata Cathleen Connell, profesor di universitas.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA