Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Rumah Zakat Hadirkan Layanan Kesehatan Bagi Lansia

Selasa 26 Feb 2019 09:48 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Pelayanan kesehatan dari Rumah Zakat kepada para lansia di Desa  Berdaya Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Ahad (24/2).

Pelayanan kesehatan dari Rumah Zakat kepada para lansia di Desa Berdaya Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Ahad (24/2).

Foto: rumah zakat
Lansia sudah jarang sekali hadir di Posyandu karena keterbatasan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rumah Zakat menebar kebahagiaan kepada para penerima manfaat lanjut usia (lansia). Langkah itu dilaksanakan melalui Relawan Inspirasi Desa Berdaya Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY.

Pada kesempatan ini, sebanyak 21 lansia penerima manfaat memperoleh penyuluhan dan layanan kesehatan. Kunjungan dilakukan karena banyak lansia yang jarang hadir dalam Posyandu Lansia di padukuhan-padukuhan.

Seorang Relawan Inspirasi, Tias Widyaningrum mengatakan, mereka bergerak sejak pukul 08.00 pagi hingga menjelang Dzuhur. Ia mengaku, banyak hal-hal baru yang mereka temui ketika silaturahim ke rumah-rumah para lansia.

"Mereka sudah jarang sekali hadir dalam Posyandu Lansia yang diselenggarakan padukuhan karena kondisi fisik dan kesehatan mereka yang tidak memungkinkan melakukan aktivitas di luar rumah," kata Tias, Selasa (26/2).

Layanan kesehatan sendiri terdiri dari cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol. Beberapa lansia yang dikunjungi menderita sejumlah penyakit mulai stroke, kanker kelenjar getah bening hingga katarak.

Salah satu warga yang mendampingi orang tuanya mendapatkan layanan kesehatan, Nana, mengungkapkan terima kasihnya atas kegiatan tersebut. Nana, yang penuh kesabaran merawat ayahnya yang sakit berharap kegiatan itu bisa rutin digelar.

"Semoga kegiatan ini dapat berlanjut pada bulan-bulan berikutnya," ujar Nana.

Rumah Zakat sendiri melalui program Ramah Lansia rajin memberikan pembinaan dan pelayanan kesehatan ke desa-desa berdaya. Hal itu dilakukan melalui penyuluhan lansia dan keluarga mengenai kualitas hidup dan produktivitas lansia.

Banyak penerima manfaat mengharapkan pelayanan terhadap lansia dapat rutin dilaksanakan. Sehingga, akan terwujud lansia yang sehat dan hadir dukungan pemangku kebijakan dan partisipasi terhadap program Ramah Lansia.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA