Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Redakan Stres dan Kecemasan

Kamis 04 Apr 2019 05:50 WIB

Rep: Agata Ega/ Red: Reiny Dwinanda

Mendiang desainer Karl Lagerfeld dan kucingnya Choupette.

Mendiang desainer Karl Lagerfeld dan kucingnya Choupette.

Foto: Instyle
Memelihara hewan terbukti dapat mendatangkan manfaat kesehatan bagi pemiliknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti menemukan bahwa memelihara hewan baik bagi kesehatan orang dewasa. Memiliki hewan peliharaan disebut dapat menurunkan tingkat stres, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, hingga mendorong peningkatan aktivitas fisik.

Dilansir Time, hewan peliharaan dapat memberikan manfaat yang sama dengan dukungan yang diberikan oleh manusia. Manfaat tersebut ialah tingkat stres yang rendah dan tingkat penyakit kronis yang juga rendah.

Peneliti dari University of Michigan sampai pada kesimpulan tersebut setelah melakukan penelitian terhadap dua ribu orang dewasa di Amerika Serikat yang berusia antara 50 hingga 80 tahun. Sebanyak 55 persen dari jumlah responden diketahui memiliki setidaknya satu hewan peliharaan.

Dari jumlah itu, paling banyak memiliki anjing diikuti kucing dan binatang lainnya seperti burung dan hamster. Penelitian menunjukkan bahwa apapun jenis hewan peliharaannya, mayoritas responden mengaku kesehatan mental dan fisik mereka meningkat sebagai dampak dari memiliki hewan peliharaan.

Hampir 90 persen responden menyatakan peliharaan mereka membantu membuat mereka lebih menikmati hidup dan merasa dicintai. Sedangkan 80 persen menyatakan keberadaan hewan peliharaan membantu mengurangi stres.

Sebanyak 64 persen pemilik hewan peliharaan juga mengaku bahwa binatang jinak itu membantu untuk tetap aktif secara fisik. Di samping itu, 69 persen responden juga menyatakan hewan peliharaan membantu mereka mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik.

Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan memiliki hewan peliharaan memberikan dampak yang siginifikan terhadap orang dewasa. Hal ini mengingat masalah kesepian dan isolasi sosial yang umum terjadi pada orang dewasa di usia 50 hingga 80 tahun.

Peneliti menyarankan bagi orang dewasa yang tidak memungkinkan untuk memiliki hewan peliharaan dapat melakukan alternatif lain seperti menjadi relawan di penampungan hewan hingga melakukan terapi kunjungan hewan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA