Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Buah, Kopi, Juga Teh Mampu Kurangi Risiko Kanker

Rabu 27 Feb 2019 18:52 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Cegah kanker. Konsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan bermanfaat bagi kesehatan.

Cegah kanker. Konsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan bermanfaat bagi kesehatan.

Foto: Pxhere/Dana Tentis
Beberapa makanan memiliki kemampuan menjaga kesehatan dan mencegah kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain ada makanan yang berbahaya bagi tubuh dan bisa meningkatkan risiko kanker, ada pula makanan yang justru bisa mengurangi risiko terkena kanker. Makanan tersebut kaya nutrisi hingga berpotensi mencegah kanker.

Dilansir dari laman Bussines Insider, untuk menurunkan risiko kanker, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain membantu tetap kenyang dan bergizi baik, makanan berserat mengurangi risiko Anda terkena kanker usus besar. Kesehatan usus besar akan dan menjaga segala sesuatu berjalan lancar di sistem pencernaan.

Sayuran dan buah-buahan berwarna seperti seledri, kangkung, wortel dan tomat mengandung phytochemical yang bermanfaat. Itulah yang memberi mereka warna, bau, dan rasa.

Fitokimia mengurangi peradangan dan bertindak seperti penjaga tubuh yang tertelan, menjaga hal-hal dari apa yang dimakan, minum, dan bernapas agar tidak menjadi karsinogen. Fitokimia juga dapat membantu mencegah kerusakan DNA dan memperbaikinya.

Selain itu, untuk menurunkan risiko kanker, Anda bisa mengonsumsi secangkir kopi atau teh hijau setiap hari. Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker jenis tertentu, termasuk endometrium (rahim), prostat, hati, mulut, tenggorokan dan payudara.

Jika lebih menyukai teh, beberapa bukti kuat menunjukkan jenis teh hijau yang kaya akan senyawa kimia tanaman (polifenol). Manfaatnya adalah mengganggu cara sel kanker suka membelah dan berkembang biak dengan kejam, sehingga memperlambat pembentukan pembuluh darah sekitar tumor.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA