Jumat, 19 Ramadhan 1440 / 24 Mei 2019

Jumat, 19 Ramadhan 1440 / 24 Mei 2019

6 Makanan Pembersih Arteri

Senin 08 Okt 2018 09:33 WIB

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari

Minyak zaitun.

Minyak zaitun.

Foto: Pexels
Studi ungkap penggunaan minyak zaitun menurunkan risiko strok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki jantung yang sehat merupakan impian dari semua orang. Sering berolahraga dan memiliki gaya hidup yang sehat sangat membantu menjaga kondisi jantung.

Baca Juga

Memakan makanan yang berkualitas juga memiliki peran besar akan hal tersebut. Mencari makanan yang berkualitas tidaklah sulit, ini dia beberapa makanan-makanan berkualitas yang dapat Anda beli dengan murah, dilansir dari laman Shape, Senin(8/10). Tidak hanya sehat, tetapi makanan-makanan di bawah ini juga dapat membersihkan pembuluh nadi Anda.

Alpukat

Menurut sebuah penelitian tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di Meksiko, orang-orang yang gemar mengonsumsi alpukat setiap hari selama seminggu mengalami 17 persen penurunan total kolesterol darah. Selain itu, tingkat kolesterol jahat (LDL) mereka menurun sementara kolesterol baik (HDL) meningkat. “Daripada menggunakan mayones, lebih baik Anda menggunakan beberapa potong alpukat pada roti Anda,” kata seorang ahli diet di New York, Megan Madden.

Gandum Utuh

Menurut Madden, serat larut yang terdapat dalam gandum utuh seperti roti gandum, beras cokelat, dan oatmeal dapat mengikat kolesterol dalam makanan Anda, dan membawanya keluar dari tubuh. Ketika tubuh Anda membutuh kolesterol di hari-hari berikutnya, tubuh Anda akan menarik pasokan kolesterol yang terdapat di darah. Sehingga secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol darah total, dan juga mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

Minyak zaitun

Sebuah penelitian di tahun 2011 mengatakan, orang-orang berusia 65 tahun atau lebih yang menggunakan minyak zaitun untuk masak atau sebagai pelengkap makanan (saus), memiliki persentase 41 persen lebih kecil untuk mengalami strok dibandingkan orang-orang yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun.

Meski minyak zaitun memiliki khasiat untuk membersihkan arteri, tetapi Madden menyarankan agar jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya. Sebab semua lemak, baik yang terdapat dalam minyak zaitun maupun makanan lain, mengandung jumlah kalori yang sama. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai ganti dari mayones dalam salad.

Kacang

“Almond sangat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat. Sementara walnut mengandung asam lemak omega-3 yang disebut sebagai asam alfa-linolenat. Mengganti kudapan seperti kue dengan kacang-kacangan ini sangat disarankan,” kata Madden. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu tubuh Anda mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, mereka juga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Brokoli

Menurut seorang dokter gigi spesialis nutrisi dan ahli pengobatan alternatif, Gregg Schenider, brokoli sangatlah kaya akan vitamin K. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan juga membantu menjaga kalsium dari merusak arteri. Selain itu, brokoli juga penuh akan serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Semangka

Semangka, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State University, dapat membantu melindungi jantung Anda. Orang-orang yang diberi suplemen berisikan 4.000mg L-citrulline, asam amino yang terdapat dalam semangka, memiliki tekanan darah yang rendah dalam kurun waktu enam minggu. Para peneliti mengatakan bahwa asam amino membantu tubuh Anda memproduksi oksida nitrat yang dapat memperlebar pembuluh darah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA