Senin 11 May 2015 07:00 WIB

Empat Manfaat Sehat Kopi

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Kopi.
Foto: pixabay
Kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi memang jenis minuman yang memiliki aroma yang khas. Selain aromanya, bagi sebagian orang kopi merupakan minuman wajib di sela-sela aktivitas. Umumnya, orang hanya mengetahui manfaat kopi adalah sebagai penghilang rasa kantuk.

Seperti yang dilansir laman TV3, Senin (11/5), kopi mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat kopi yang tidak banyak orang ketahui.

Penurun Berat Badan

Kopi tidak hanya mengandung air namun juga mengandung beberapa mineral lainnya. Di dalam kandungan kopi juga terdapat vitamin dan zat-zat yang dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Semua orang tahu bahwa kopi mengandung kafein, tapi apa kafein dan apa fungsinya? Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat yang artinya merangsang sistem saraf pusat dengan mengirimkan sinyal langsung ke sel-sel lemak, memberitahu mereka untuk memecah sel-sel dan melepaskan mereka ke dalam aliran darah untuk digunakan sebagai energi. Kafein juga meningkatkan metabolisme Anda. Semakin tinggi tingkat metabolisme Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Antara 1986 dan 1998 para peneliti Harvard menemukan fakta bahwa mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua dibandingkan yang tidak minum kopi. Asalkan meracik kopi tanpa menambahkan gula, maka mengkonsumsi kopi jauh lebih sehat.

Rendah Kalori

Satu gelas kopi hitam tanpa tambahan susu dan krim dapat mengurangi kalori pada tubuh anda. Satu gelas kopi memiliki kisaran 1-5 kalori saja.

Mencegah Depresi

Menurut penelitian pada tahun 2011 pada pusat studi Harvard menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi cenderung lebih sedikit terkena depresi dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement