Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

9 Tips Berlari Saat Musim Panas

Kamis 05 Sep 2019 05:50 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah

Sejumlah pelari berlari dalam lomba lari Pemilu Run 2019 di parkir timur kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Ahad (7/4/2019).

Sejumlah pelari berlari dalam lomba lari Pemilu Run 2019 di parkir timur kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Ahad (7/4/2019).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Minumlah lebih banyak air dan gunakan pakaian yang terbuat dari kain sintetis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca panas membuat sebagian orang malas berkegiatan di luar ruangan. Padahal, manfaat psikologis berlari semakin tinggi ketika cuaca dan lingkungan membuat seseorang merasa sangat baik.

Namun, penting melakukan sejumlah persiapan berlari di musim panas agar tetap bisa menikmatinya. Dilansir di Independent, ahli gizi olahraga, Liam Holmes mengatakan, lima persen saja penurunan hidrasi dapat menyebabkan penurunan 20 persen kinerja.

Berikut kiat yang perlu Anda ketahui agar tetap nyaman saat berlari di musim panas ini.

Hidrasi

Anda akan lebih banyak berkeringat daripada biasanya, jadi naikkan asupan cairan sebelum, selama, dan setelah berlari. Dehidrasi akan mengakibatkan penurunan kinerja, pemulihan lebih lambat, serta mungkin sakit kepala dan/atau kram.

Namun, jawabannya tidak hanya minum lebih banyak air. Konsumsi yang berlebihan justru dapat melemahkan konsentrasi natrium tubuh Anda. Selain itu, menyebabkan hiponatremia alias kelebihan air dalam kasus yang lebih ekstrem.

Coba meminum air dan garam dalam jumlah yang tepat dengan menambahkan bubuk elektrolit ke dalam botol air Anda. Bisa juga memasukkan beberapa gel energi ke dalam saku Anda yang akan membuat Anda tetap dalam performa puncak.

"Cobalah mengurangi asupan cairan Anda selama pelatihan, bukan mengambil jumlah besar sekaligus," kata Holmes.

Aklimatisasi atau penyesuaian diri dengan iklim

Saat cuaca panas, jangan terlalu memaksakan diri. Tenang saja, beberapa minggu ke depan, tubuh Anda akan beradaptasi dan ambang batas Anda untuk berada di suhu yang lebih panas akan meningkat bersamanya.

Pakaian

Kenakan pakaian ringan yang terbuat dari kain sintetis, ini akan membantu menghilangkan keringat dari tubuh Anda sehingga lebih sejuk. Jika cuaca cenderung cerah, pakaian olahraga yang diberi SPF juga jadi pilihan bagus apalagi kalau Anda sedikit malas menggunakan suncream.

Aksesori

Topi dengan mesh atau jala ringan akan membantu melindungi wajah Anda dari sinar matahari. Kacamata hitam juga merupakan keharusan untuk digunakan saat berlari di cuaca panas.

Rompi hidrasi berlari yang sangat populer di komunitas lari saat ini juga bisa menjadi pilihan. Beratnya bisa mencapai 90 gram, tetapi memiliki kantung, tempat botol air, dan barang-barang seperti ponsel.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA