Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Lima Sumber Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Senin 19 Nov 2018 08:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

Upaya menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi faktor makanan.

Upaya menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi faktor makanan.

Foto: Pxhere
Protein dapat membantu upaya pembentukan otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengaturan pola makan atau diet protein mendulang popularitas di dunia kebugaran karena dapat membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, protein juga dapat membantu upaya pembentukan otot.

Konsumsi lebih banyak protein diketahui dapat menurunkan rasa lapar hingga 60 persen. Tak hanya itu, konsumsi lebih banyak protein dikatakan dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Konsumsi lebih banyak protein juga dapat menurunkan total kalori yang dikonsumsi dalam satu hari.

"Asupan protein berkualitas memiliki hubungan yang berbanding terbalik dengan lemak perut," ujar sebuah studi ilmiah seperti dilansir di Daily Star.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui mana saja jenis protein yang baik untuk menunjang proses penurunan berat badan. Daily Star merangkum setidaknya ada lima sumber protein baik yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

Daging tanpa Lemak

Daging merupakan salah satu sumber protein yang baik. Akan tetapi, sebagian daging disertai lemak yang cukup banyak dan tidak bersahabat bagi orang-orang yang sedang menurunkan berat badan.

Pilih potongan daging yang tidak memiliki lemak untuk dikonsumsi. Sebagai contoh, buang bagian lemak yang menempel pada daging sapi sebelum dimasak atau buang bagian kulit pada daging ayam sebelum diolah. Cara memasak dengan menggoreng juga sebaiknya diganti dengan memanggang atau merebus.

Konsumsi daging merah sebaiknya dibatasi agar tidak melebihi 70 gram per hari. Selain itu, konsumsi daging olahan seperti sosis dan daging asap sebaiknya dihindari.

Kacang Lentil

Lentil merupakan alternatif daging yang baik untuk dikonsumsi. Selain kaya akan protein, lentil juga diketahui kaya akan serat, vitamin hingga mineral. Lentil juga diketahui sebagai sumber protein yang rendah lemak.

Kacang Polong

Kacang polong atau bean juga kaya akan protein, vitamin dan mineral. Kacang polong hitam contohnya, mengandung 15 gram protein dalam setiap satu cangkir. Kacang polong juga kaya akan serat, kalium, folat, vitamin B6 dan beberapa fitonutrien lain. Contoh lainnya adalah butter bean yang diketahui kaya akan zat besi, tembaga, mangan, kalsium dan magnesium.

Ikan

Ikan juga merupakan sumber protein yang tak hanya dapat membantu proses penurunan berat badan tetapi juga menyehatkan. Upayakan untuk mengonsumsi dua prosi ikan per minggu, termasuk ikan berminyak seperti salmon, makarel, dan forel atau trout.

Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak seperti merupakan opsi yang baik bagi orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Namun bukan berarti produk susu full fat tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Produk susu full fat boleh dikonsumsi asalkan tidak dikonsumsi terlalu sering dan dikonsumsi dalam jumlah yang porsi yang lebih kecil.

Orang-orang yang menerapkan diet berbasis tanaman seperti vegan atau vegetarian juga bisa memilih opsi makanan berprotein. Salah satu di antaranya adalah spirulina yang diketahui mengandung 57 gram protein per 100 gram sajian.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB