Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Mandi Air Hangat Baik untuk Jantung dan Bakar Kalori

Ahad 18 Nov 2018 03:30 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Israr Itah

mandi (ilustrasi)

mandi (ilustrasi)

Foto: http://www.livescience.com
Mandi air hangat dapat meningkatkan konsentrasi oksida nitrat dalam darah.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID -- Jangan remehkan aktivitas mandi yang biasanya kita lakukan. Ternyata, mandi dengan air hangat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung dan membakar kalori.

Penelitian Universitas Oregon, Amerika Serikat, seperti dilansir dari laman Men's Health, Sabtu (17/11), menyebut mandi air hangat secara teratur dapat menurunkan tekanan darah yang dapat memicu penyakit jantung. 

Penelitian tersebut menyimpulkan terapi mandi air hangat dapat meningkatkan konsentrasi oksida nitrat dalam darah untuk melebarkan pembuluh. Penelitian terpisah juga menunjukkan bahwa paparan berulang terhadap air hangat meningkatkan fungsi endotel. Itu berarti lapisan pembuluh darah bekerja lebih baik untuk menahan risiko kardiovaskular yang meningkat saat seseorang bertambah tua.

Para ilmuwan Universitas Loughborough juga meneliti manfaat kesehatan potensial dengan menaikkan suhu inti Anda sebesar 1 derajat Celcius saat mandi. Ini dapat membakar 140 kalori atau setara dengan jumlah setengah jam berjalan kaki.

Sehingga, satu studi menemukan jika itu dilakukan tiga kali sepekan, dapat membakar kalori setiap bulan. Kebiasaan ini akan mengurangi risiko obesitas yang merugikan jantung. Ternyata, mandi air hangat sebagai salah satu cara paling santai untuk menurunkan risiko penyakit penyumbatan pembuluh darah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Des 2018, 23:21 WIB